BREAKING NEWS
Search

Pertama di Jakarta, Turnamen Voli Mahasiswa NTT Diikuti 18 Tim

turnamen voli mahasiswa pemuda lembata jabodetabek
Pertama: Jika biasanya masyarakat diaspora NTT menyelenggarakan pertandingan bola kaki atau futsal, kali ini organisasi KemadaBaja menggelar perdana, Turnamen Bola Voli 2018 di Jakarta (Foto: Pan)


Enam tim putra dan empat tim putri dipastikan lolos dan akan saling berhadapan di babak berikutnya, yang akan digelar pekan depan.


Salah satu kegemaran masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah olahraga bola, seperti bola kaki, futsal hingga bola voli. Tak jarang di berbagai daerah, termasuk di luar NTT, masyarakat diaspora mengadakan berbagai event pertandingan antar kabupaten atau antar kecamatan. 

Organisasi kepemudaan, termasuk mahasiswa biasanya hampir rutin setiap tahun mengadakan pertandingan futsal dan terutama bola kaki. Namun kali ini, bukan kedua cabang olahraga tersebut yang menjadi bagian dari kegiatan organisasi mahasiswa dan pemuda NTT. 

Berbeda dengan lainnya, organsisasi mahasiswa dan pemuda asal Kabupaten Lembata yang tergabung dalam wadah KemadaBaja atau Keluarga Besar Mahasiswa Pemuda Lembata Jabodetabek justru menggelar pertandingan bola voli.

Kegiatan bertajuk "Turnamen Bola Voli 2018" ini bahkan diklaim sebagai pertandingan voli pertama yang diadakan oleh organisasi mahasiswa dan pemuda asal NTT.

"Biasanya futsal atau bola kaki. Kami awali dengan susatu yang berbeda, yakni turnamen bola voli. Ternyata respons peserta sangat luar biasa," ujar Ketua Panitia turnamen, Rolandus Boli Belutowe, di Jakarta, Minggu (25/2/2018).

Antusias

Sebanyak  18 tim, baik putra dan putri, ambil bagian dalam turnamen perdana bola voli yang digelar di Lapangan Karet, Jakarta Pusat, sejak Sabtu (24/02/18). 

Bahkan tidak hanya organisasi mahasiswa dan pemuda asal NTT saja yang terlibat dalam kegiatan ini. Organisasi dari luar NTT juga cukup antusias dalam gelaran olahraga voli tersebut. 

Adapun turnamen ini diselenggarakan dengan sistem gugur, untuk grup putra sebanyak 12 tim dan sistem round-robin untuk grup putri yang berjumlah 6 tim.

Pada pertandingan perdana yang dilaksanakan, Sabtu kemarin, tim Timor Manise dan Wastrong Forum Keluarga Mahasiswa Satermese (FKMS) membuka Pertandingan Perdana Putri. Timor Manise memenangkan pertandingan dengan kemenangan di set pertama dan ketiga.

Dilanjutkan dengan pertadingan putra, dimana Angkatan Muda Adonara Jakarta (AMA Jakarta) memenangkan 2 set langsung saat mengahadapi Nuba Ehan Jabodetabek. 

Sementara tim tuan rumah KemadaBaja yang mempersembahkan dua tim sekaligus (tim A dan B) harus mengakui keunggulan tim Himpunan Mahasiswa Timur Bekasi (HMTI) dan Perhimpunan Mahasiswa Maumere Jakarta (PMMJ). KemadaBaja dipaksa pulang lebih awal dalam turnamen ini.

"Itulah olahraga yang saling berhadapan dua tim, sehingga pastinya harus menghasilkan satu pemenang. Kami akui kemenangan lawan, meski kami sudah mempersembahkan yang terbaik," sambung Ketua Bidang Olahraga KemadaBaja, Novan Wutun.

Setelah dua hari penyelenggaraan kegiatan, beberapa tim terbaik dinyatakan masuk ke babak berikutnya. Sebanyak 6 tim putra yang sudah masuk babak 6 besar, yakni AMA Jakarta, PPMJ Maumere, Nusatadon A, Nusatadon B, Pilosof Solor, dan HMTI Bekasi. 

Empat tim putri juga sudah dipastikan lolos ke semifinal, yakni tim Nusatadon, AMA Jakarta, Wastrong Satarmese, dan Timor Manise.  

Selanjutnya, babak 6 besar akan berlangsung pada hari Minggu (4/3/2018) 2018, mulai pukul 11.00 WIB di tempat yang sama, lapangan SDN Tengsin Karet 01 Pagi, Jakarta.

Jalin Persaudaraan

Olahraga, sebagaimana hakikatnya menjunjung tinggi sportivitas antar tim dan supporter. Demikian halnya relasi yang diharapkan akan selalu terjalin baik bahkan mempererat tali persaudaraan antar semua yang terlibat.

Ketua Umum KemadaBaja Periode 2017/2018, Choky Askar Ratulela menyambut positif terselanggaranya Turnamen Bola Voli 2018 yang baru pertama kali diselenggarakan tersebut. 

"Mari kita memulai sesuatu yang baru. Ini adalah olahraga rakyat. Semoga tali persaudaraan terus terjalin dengan baik." ujar Choky.

Turnamen Bola Voli 2018 merupakan satu dari beberapa kegiatan yang sudah pernah dilakukan oleh KemadaBaja. Sebelumnya, KemadaBaja juga sudah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di daerah Bogor, bahkan cukup aktif dalam beberapa kegiatan bernuansa seni dan budaya daerah. (Pan)



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Pertama di Jakarta, Turnamen Voli Mahasiswa NTT Diikuti 18 Tim