BREAKING NEWS
Search

7 Fakta Monumen Selamat Datang di Bundaran HI Jakarta

Monumen Selamat Datang Bunderan HI (dok. http://www.gedoor.com)

Sebagian warga DKI Jakarta mungkin belum tahu tentang fakta-fakta apa saja yang ada pada patung selamat datang yang terpajang 'abadi' di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta tersebut. Berikut 7 faktanya:

1. Genggam Bunga
Monumen Selamat Datang adalah sebuah monumen yang terletak di tengah Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Indonesia. Monumen ini berupa patung sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan. 

2. Menyambut Tamu
Monumen Selamat Datang dibangun pada 17 Agustus 1961 dan diresmikan pada 1962, untuk menyambut tamu dan para atlet Asian Games IV yang diadakan di Jakarta, pada 24 Agustus 1962 - 4 September 1962. 

3. Menghadap Monas
Monument ini dibuat menghadap ke utara yang berarti menyambut orang-orang yang datang dari arah Monumen Nasional.

4. Presiden Soekarno
Ide pembuatan patung ini berasal dari Presiden Soekarno dan rancangan awalnya dikerjakan oleh Henk Ngantung, Wakil Gubernur DKI Jakarta, saat itu. Sementara pelaksana pembuatan patung adalah tim pematung Keluarga Arca pimpinan Edhi Sunarso di Karangwuni, Jawa Tengah.

5. Garis Tengah 100 Meter
Tinggi patung perunggu dari kepala sampai kaki 5 meter atau total tinggi dari kaki hingga tangan yang melambai mencapai 7 meter. Sedangkan tinggi kaki penyangga patung adalah 10 meter. Patung ini terletak pada poros lingkaran piring raksasa dengan garis tengah 100 meter.

6. Simbol Pancasila
Di sekeliling patung terdapat lima formasi air mancur yang disebut sebagai simbol ideologi Negara Republik Indonesia, Pancasila. 

7. Restorasi
Pada tahun 2002, Bundaran Hotel Indonesia direstorasi oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan penambahan air mancur baru, desain kolam baru, dan pencahayaan. [Pius - Property and The City]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “7 Fakta Monumen Selamat Datang di Bundaran HI Jakarta