BREAKING NEWS
Search

Ciputra: Semua Bisa Sukses di Bisnis Properti, Asal...

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ketika menyerahkan penghargaan seumur hidup kepada Ir Ciputra dalam ajang Golden Property Awards 2015 di Hotel Raffles, Ciputra World, Rabu (28/8/2015) / Foto: Pius

Lebih dari 50 tahun mengarungi dunia usaha, terutama properti, nama Ir Ciputra erat sebagai entrepreneur sukses di tanah air. Dalam setiap kesempatan, begawan properti yang baru saja menerima penghargaan Lifetime Achievement dalam ajang Golden Property Awards 2015, ini pun tak henti menyuarakan pentingnya entrepreneurship, terutama dalam pengelolaan sebuah bisnis properti.

“Inilah yang sudah kami praktekan lebih dari 50 tahun, kunci sukses dari manajemen sehingga kita berhasil mencapai cita-cita kita,” ujar Ciputra di Raffles Hotel, Ciputra World 1, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Menurut Ciputra, ada beberapa unsur penting dan harus dilakukan dalam manajemen sebuah bisnis, yakni, integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship. “Inilah yang kami rumuskan dalam perusahaan kami,” tegasnya.

1. Integritas

sebuah perusahaan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik jika memiliki integritas. Kata Ciputra, integritas menjadi dasar dari pertumbuhan profesionalisme dan entrepreneurship

“Kalau kita tidak punya integritas, maka profesioalisme dan entrepreneurship akan membunuh usaha kita. Sebuah usaha, tanpa integritas, kejujuran, keadilan, tidak mempunyai akhlak yang baik. Dan itu benar. Kalau kita sukses tanpa integritas, kejujuran, komitmen, maka sukses itu hanya sementara.”

2. Profesionalisme

Profesionalisme, sebut Ciputra adalah sebuah keahlian. “Kita ahli dan profesional dalam bidang kita, sanggup melaksanakan keinginan kita, sanggup menyusun jembatan, pasir menjadi rumah, gedung.”

3. Entrepreneurship 

Entrepreneurship merupakan gabungan antara keahlian dalam bidang sosial dan bidang lainnya. Entrepreneurship juga berarti punya wawasan, punya daya cinta, inovasi, dan berani mengambil keputusan. 

“Tanpa entrepreneurship kita akan berjalan seperti biasa, begitu-begitu saja. Saya yakin, semua yang berkumpul di sini sudah mempunyai entrepreneurship,” kata Ciputra.

Menurut Ciputra, banyak perusahaan yang tidak bisa bertahan lama lantaran mereka tidak mempunyai entrepreneurship

“Seperti tadi kata saudara Ali bahwa dalam keadaan susah seperti sekarang ini, dapat dilihat, mana perusahaan yang unggul dan tidak unggul,” kata bapaknya para pebisnis properti ini mengutip pernyataan Ali Tranghanda, CEO Indonesia Property Watch. 

“Biasanya perusahaan yang memiliki entrepreneurship itu akan bertahan lama, karena dia mempunyai wawasan yang luas, dia dapat meramalkan apa yang akan terjadi. Tetapi perusahaan yang tidak punya entrepreneurship akan goyah.” [Pius - Property and The City]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Ciputra: Semua Bisa Sukses di Bisnis Properti, Asal...