BREAKING NEWS
Search

Century 21: Ekonomi Melambat, Penjualan Turun 10 Persen

Daniel Handojo (Pius)
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat ternyata cukup berdampak pada penjualan Century 21. Agen waralaba real estate ini mengalami penurunan penjualan di semester I-2015 sebesar 5-10 persen.

“Pasar primer melambat, secondary pun demikian. Industri broker juga terkena dampak perlambatan ekonomi ini, sehingga penjualan kami turun 5-10 persen,” ujar Associate Executive Director Century 21 Indonesia, Daniel Handojo dalam acara Mid Year Award 2015 di DBS Tower, Ciputra World 1, Jakarta, Selasa (26/8/2015).

Alasannya, menurut Daniel, para broker tidak hanya fokus pada penjualan secondary tapi juga primary

“Beberapa tahun lalu juga menjual primary, jadi otomatis pasti kena,” katanya.

Porsi penjualan produk primary Century 21 berkisar hingga 50 persen, berimbang dengan secondary-nya. Namun demkian, Daniel memrediksi ke depannya pasar secondary akan lebih meningkat.

Primary yang dijual ditahun 2012, rata-rata baru serah terima sekarang sampai tahun depan. Itu akan menjadi stok semua. Nah di situlah baru secondary akan banyak lagi,” paparnya. 

Saat ini, wilayah Jabodetabek masih mendominasi penjualan Century 21, dibanding kota-kota besar lainnya di Indonesia. Meski demikian, beberapa kota lainnya pun terus berkembang, seperti di Bandung, Surabaya, dan Makassar. 

“Tapi jika saat ini Anda punya uang, maka sebaiknya belilah rumah saat ini juga. Harganya akan terus naik dan developer tidak mungkin menurunkan harganya,” tegas Daniel.

Di sisi lain, Daniel mengaku gembira para member broker dan marketing masih bisa melihat peluang-peluang yang baik, meski ekonomi tengah melambat. 

Mid Year Award 2015 membuktikan masih tumbuhnya angka penjualan di member broker maupun para marketing. Pasar primer lesu membuat broker dan agen kami lebih jeli dan kreatif dalam menangkap permintaan pasar yang beralih dari pasar investor ke pengguna akhir,” terang Daniel. [Pio/Property and The City]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Century 21: Ekonomi Melambat, Penjualan Turun 10 Persen