BREAKING NEWS
Search

Berubah, Berusaha, Pasti Bisa!

David Sudjana (Foto: Pius)

David Sudjana, Direktur Utama PT Mustika Land

Wajahnya ganteng, sekilas mirip Willy Dozan – aktor laga Indonesia. Tatapan matanya terlihat tajam berisi dari ronah wajah yang teduh, seakan hendak menyapa setiap orang yang memandangnya. Senyumnya pun ramah menyiratkan sikapnya yang sederhana dan mudah bergaul dengan siapapun. Itulah kesan pertama tim Property and The City, saat mewawancarai pucuk pimpinan PT Mustika Land – sebuah perusahaan pengembang properti - David Sudjana di Pullman Hotels, Thamrin, Jakarta Pusat.

Mengawali karirnya di bisnis properti pada awal 2003, David – demikian dia disapa – tak lantas langsung menduduki jabatan strategis di perusahaan yang didirikan ayahnya Andrian Sudjana. David yang telah mengantongi ijazah S2 Accounting dari Amerika, harus kembali belajar dari awal di PT Budi Mustika – perusahaan developer perumahan itu. 

“Malah saya yang minta pekerjaan ke papa untuk bisa masuk ke perusahaan ini. Kata dia, boleh tapi kamu harus mulai dari bawah,” cerita David.

Di situ, David justru merasa tertantang. Tidak pernah terbayang dalam benaknya akan bermula dari nol, tapi harus dia jalankan. Berbagai hal dia pelajari, mulai dari cara dan mekanisme pembebasan tanah, perijinan, hingga pembangunan dan akhirnya penjualan. 

“Saya belajar tentang pembebasan tanah, perijinan, hingga, administrasi, keuangan, dan penjualan. Memang disuruh cobain dari bawah. Mulai ngurusi perijinan ke Pemda (Pemerintah Daerah), ngurus sertifikat ke BPN, pembebasan tanah sampai ketemu pemiliknya. Jadi biar tahu proses dari bawahnya, sampai nanti proses pengembangan hingga serah terima pada konsumen. Jadi saya belajar mulai dari awal hingga akhir,” kenang David. 

BACA: Andy K Natanael: “One Day Sold Out”

Sejatinya memang sejak lama, David menyimpan asa untuk bisa mengikuti jejak sukses sang Ayah di bidang properti. Rasa penasaran terus menggelayut, apalagi ketika dia melihat bangunan dan real estate dengan konsep yang sangat unik. 

Wow, hebat sekali ya. Seandainya saya bisa buat seperti ini dan yang bisa dinikmati banyak orang. Ini yang awalnya membuat saya sangat tertarik ke dunia properti,” ceritanya.

Meski demikian, jalan mencapai mimpinya itu tak seindah yang sempat ia bayangkan. David enjoy mengikuti setiap proses yang mesti dia lalui, belajar tahap demi tahap. David memang pekerja keras. Selama masih menjalankan kuliah di Amerika pun, dia sempat bekerja di lingkungan kampus, sebagai pembersih gedung hingga membersihkan stadion bola. 

Selepas menyelesaikan studi sarjana satunya di Amerika, ia mulai terjun ke dunia kerja. David diterima sebagai cost & financial analyst selama sekitar empat tahun di sebuah perusahaan fiber optic di California. Selama bekerja tersebut, dia mendapatkan tawaran studi pasca sarjana. David-pun memanfaatkan peluang berharga tersebut dan menyelesaikan studi S-2 di California Polytechnic State University (Cal Poly) pada tahun 2002. 

Passion

Dunia properti adalah passion dari pria kelahiran, Jakarta, 1 Februari 1975 ini. David mulai benar-benar terjun dan menjalankan bisnis properti ketika bertanggung jawab atas sejumlah proyek perumahan. Antaralain Perumahan Mustika Gandaria dan Mustika Wanasari di Bekasi, Jawa Barat yang berjumlah sekitar 1.500 unit rumah. 

Kesuksesannya menjalankan beberapa proyek perumahan tersebut menghatar David untuk kembali menahkodai proyek anyar Mustika Land, Mustika Golf Residence yang berlokasi di kawasan Jababeka City, Cikarang, Bekasi. Inilah proyek high rise pertama yang langsung ditangani ayah dari putra kembar Nathaniel A. Sudjana dan Daniel A. Sudjana ini.

“Tantangan terberat saya adalah pada saat pembebesan lahan dan masalah perijinan. Kadang-kadang ada saja yang datang dan mengklaim. Kedua adalah soal perijinan. Proses dan waktu, juga sering tidak jelas di banyak daerah. Menurut saya, ini adalah tantangan terberat properti di Indonesia,” David menceritakan sejumlah kendala di lapangan.

Selain itu, David melanjutkan, “Saya pernah ditipu orang, termasuk marketing yang bawa lari uang konsumen. Akan tetapi, Tuhan selalu ada dan membantu setiap saya mendapatkan kesulitan. Dan inilah yang mengajarkan saya untuk selalu berserah dan bersyukur pada-NYA.”

Tahun ini, disebut David sebagai sebagai tahun membangun pondasi, “building capacity”. Membangun kapasitas baru seiring dengan gebrakan baru Mustika Land merambah segmen baru, membangun apartemen. 

“Kita sadar bahwa kepercayaan adalah nomor satu. Dan sebelum kita mau berkembang lebih besar lagi, kita putuskan, alangkah baiknya kalau kita duduk agak diam sedikit, dan kita perbaiki pondasi kita, kita perbesar kapasitas kita. Sehingga pada saat kesempatan itu datang, tim kita sudah siap,” papar David, penyuka steak, sushi, soto, dan nasi padang ini.

Bagi David, pencapaian tertinggi dalam karir propertinya adalah ketika bisa menghasilkan produk-produk yang nyaman dan bisa digunakan oleh banyak orang. Entah itu secara fungsi, maupun perawatan jangka panjang (sustainable), dan harus bisa disanggupi banyak orang (affordable). 

“Jadi kita mau lihat, alangkah baiknya kalau kita bisa bermain di segmen atas, menengah, dan bawah. Dan kita bisa ciptakan produk-produk yang nyaman, ramah lingkungan. Bukan sekadar jual properti tapi jual cara hidup,” terang putra kedua dari empat bersaudari ini. 

Inspirator

Benar kata pepatah, “Dibalik pria yang hebat ada sosok wanita yang tangguh”. Sukses David tak terpisahkan dari kesabaran dan dorongan yang diberikan oleh isterinya, Tjendiana Gosal. Disaat David harus melangkah dari bawah, sang istrilah yang menjadi sumber kekuatan baginya. Dan kedua anaknya adalah inspirasi yang menjadi pelita bagi David untuk terus melangkah maju.

Namun di samping itu, sosok sang ayah, Andrian Sudjana punya peran teramat besar dalam membangun karir suksesnya di dunia properti. Ayahnya adalah sang inspirator dan motivator hebat. Sosok kepemimpinan yang tenang, sabar dalam menghadapai berbagai persoalan, dan gigih dalam berjuang, telah banyak membangun karakter dalam diri David.

“Dalam posisi gampang kita jangan terlalu agresif, lagi susah pun jangan terlalu panik. Kita harus tenang menghadapi semua itu. Dan yang terpenting adalah berserah dan berharap pada Tuhan. Itulah yang selalu dicontohkan ayah dalam kehidupan nyata,” ucap David yang suka berenang dan travelling ini.

Tokoh sukses lain yang juga menjadi inspirasinya dalam dunia properti adalah Ciputra. Baginya, Ciputra adalah tokoh perubahan yang punya visi dan misi luar biasa hebat. Ciputra juga telah banyak berjasa bagi banyak orang. Ciputra adalah tokoh yang telah sukses melahirkan banyak entrepreneur baru. 

Pada akhirnya, perubahan itu bergantung pada diri kita. “Maturity comes when we stopped making excuses and started making changes. Siapapun yang mau berubah, yang mau berusaha, Tuhan pasti kasih jalan. Pasti bisa!” pungkas David. [Pius Klobor - Majalah Property and The City Edisi 12/2015]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Berubah, Berusaha, Pasti Bisa!