BREAKING NEWS
Search

5 Cara Menghemat Air Bersih saat Musim Kemarau

Saat musim kemarau seperti sekarang, menghemat air bersih harus dilakukan. berikut 5 cara mudah menghemat air bersih saat musim kemarau yang dapat Anda coba terapkan di rumah tercinta.

Sedari dini mungkin untuk menghemat air haruslah Anda lakukan, apalagi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan gelombang panas El Nino akan menyerang wilayah Indonesia sampai November 2015. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus Subagyo Swarinoto menuturkan, El Nino yang menyerang wilayah Indonesia berjenis El Nino moderat.

“Akibat adanya El Nino diperkirakan awal musim hujan 2015/2016 di beberapa wilayah mengalami kemunduran,” kata Yunus dalam rapat koordinasi dengan Menteri LHK dan Menteri ATR, Jakarta, Rabu (17/6/2015).

Karena hal tersebut Anda harus bisa mencegah kekurangan air semakin parah, pemakaiannya harus disiasati dengan baik. Berikut beberapa cara untuk mengurangi pemakaian, dan limbah air:

1. Gunakan pancuran beraliran rendah

Banyak orang salah paham bahwa pancuran dengan aliran rendah disebabkan tekanan air yang buruk. Sebenarnya, pancuran hemat air ini justru memanfaatkan udara untuk memberikan pengalaman mandi yang mirip dengan pancuran biasa.

Jadi tidak perlu khawatir, pancuran aliran rendah tidak hanya menghemat uang tetapi juga mengurangi pemakaian air.

2. Matikan keran

Menghemat air saat musim kemarau dapat Anda lakukan dengan mulai mematikan air saat menggosok gigi mungkin tampak sepele. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa melakukan ini bisa menghemat hingga 25 galon air per bulan? Selain itu, keran yang bocor bisa membuang air secara sia-sia hingga 350 galon per tahun.

3. Gunakan air kembali

Saat mencuci buah dan sayuran, gunakan air di dalam panci atau baskom. Dengan begitu, air terkumpul yang digunakan untuk membilas, dapat dengan mudah digunakan kembali untuk menyiram tanaman.

4. Gunakan "point of use" pemanas air

Pemanas kecil ini memberikan air panas langsung tanpa harus membuang air sambil menunggunya hangat. Sementara permintaan air panas cukup besar, pemanas air ini juga kecil dan tidak memerlukan ruang yang besar untuk penyimpanannya.

5. Gunakan mesin dan selang bertekanan untuk mencuci mobil

Jika Anda memiliki kendaraan mobil, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air bersih saat musim kemarau dengan singkirkan selang taman lama Anda dan gunakan mesin dan selang bertekanan (pressure washer) untuk mencuci mobil sampai bersih. Mesin ini tidak hanya menghemat hingga 80 persen penggunaan air, tetapi juga menghemat banyak waktu.

Sumber: Dikutip dari www.ideaonline.co.id [ 22 Juli 2015]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “5 Cara Menghemat Air Bersih saat Musim Kemarau