BREAKING NEWS
Search

TIPS Mengolah Keuangan: Disiplinlah dengan Uang Anda

Perlu kedisplinan diri yang tinggi untuk memilah-milah mana uang pribadi dan mana uang perusahaan. Pisahkanlah keduanya secara tegas.

Kalau Anda sudah mulai punya bisnis dan bisnis tersebut sudah mulai menghasilkan cash flow, maka itu adalah saat dimana Anda harus mulai berhati-hati dengan diri Anda sendiri. Musuh yang paling besar adalah diri Anda sendiri. Bisa jadi, kini mungkin Anda harus bawa pulang uang dengan kantong plastik, misalnya, karena omzet usaha Anda yang fantastis. Kalau Anda tidak mampu disiplin, mimpi Anda untuk Pensiun Dini Pensiun Kaya tinggallah mimpi tanpa realitas.

Namun pada saat yang sama biasanya Anda juga mulai kebingungan bagaimana sih posisi keuangan dari bisnis Anda. Apakah untung atau rugi. Tiba-tiba Anda berada pada ruang yang gelap dengan dana tunai di tangan Anda. Luar biasa bukan?

Di sinilah perlu kedisplinan diri yang tinggi untuk memilah-milah mana uang Anda pribadi dan mana uang perusahaan. Pisahkanlah keduanya secara tegas. Perusahaan Anda adalah organisasi sendiri dan diri Anda adalah organisasi sendiri. Treatment terhadap keuangan perusahaan sangat berbeda dengan treatment keuangan pribadi. Transfer keuangan antarkedua organisasi ini perlu justifikasi yang jelas bukan? 

Begitu pula antara Anda dan bisnis Anda. Setiap sen uang yang Anda ambil dari bisnis Anda harus mempunyai justifikasi yang jelas. Misalnya, kalau Anda mau ambil uang dari bisnis Anda untuk keperluan pribadi Anda, sah-sah saja, tapi lakukan itu atas nama gaji Anda sebagai Direktur usaha Anda, bukan karena Anda owner dari usaha Anda yang bisa terabas sana terabas sini dan membeli apapun yang Anda suka. 

Jadi janganlah, misalnya, Anda ambil uang dari usaha Anda untuk beli TV di rumah Anda. Akan lain ceritanya bila Anda ambil uang dari usaha Anda untuk investasi pembelian TV untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda. Ini jauh lebih bertanggung  jawab.

Satu hal lagi yang sangat penting dan harus Anda patuhi adalah, jangan pernah sekalipun mengambil uang dari omzet bisnis Anda karena di dalam omzet bisnis Anda terdapat sekian banyak kewajiban yang harus dipenuhi oleh bisnis Anda. Sekali Anda melanggar hal ini, bisnis Anda tinggal menunggu waktu untuk tamat dari muka bumi.

Banyak contoh lain tentang bagaimana mengelola keuangan usaha Anda yang saya bahas dengan bahasa yang sangat sederhana pada buku saya Quantum Resign: Formula Aman Berhenti Kerja Jadi Pengusaha. Bottom line-nya adalah Disiplinlah dengan Uang Anda!
Semoga bermanfaat…

Sonny B Sofjan
Penulis Buku Quantum Resign | Formula Aman Berhenti Kerja Jadi Pengusaha
www.quantumresign.com



Baca Juga:



TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


1 thought on “TIPS Mengolah Keuangan: Disiplinlah dengan Uang Anda