BREAKING NEWS
Search

Tips Aman Belanja Online: Hacker? Jangan Takut, Lakukan Jurus Berikut

Liburan panjang artinya saatnya uang elektronik alias kartu kredit beraksi! Selain harus cermat berbelanja barang-barang apa saja yang dibutuhkan dan diperlukan, Anda pun harus hati-hati saat memakai kartu kredit. Terutama saat malas keluar kamar dan hanya ingin berbelanja online.

Berikut tip-nya langsung dari MasterCard:

1  Lindungi privasi

Jangan memperlihatkan informasi pribadi kecuali Anda tahu dengan baik siapa pihak yang mengumpulkannya dan bagaimana data tersebut digunakan. Beberapa situs menjual informasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga, oleh karena itu periksalah secara teliti dan jangan berbagi informasi yang Anda miliki apabila tak ingin orang lain menggunakannya.

2  Awas, situs palsu! 

Tak sulit untuk membuat sebuah situs di Internet, jadi yang harus dilakukan adalah mengecek teliti terhadap toko atau ritel yang jadi obyek belanja, terutama jika Anda belum pernah mengetahui toko tersebut sebelumnya. Hati-hati! (Ingatkan si dia untuk hal ini juga. Maklum, tangannya yang lentik itu pasti gatal untuk membeli banyak barang online...)

3  Pakai browser yang aman 

Biasanya browser memakai sandi untuk setiap informasi pembelian yang Anda kirim melalui Internet, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Mayoritas browser menerapkan hal ini sebagai fitur standar.

4  Pakai kartu kredit atau debit 

Saat belanja online, kemungkinan terjadinya transaksi tidak resmi akan dibatasi. Transaksi tidak resmi biasanya tercakup dalam MasterCard’s Zero Liability policy, di mana bank Anda akan mengembalikan setiap transaksi tidak resmi tersebut. Namun demikian, jadi tanggung jawab Anda untuk melaporkan setiap hal yang mencurigakan terhadap kartu Anda, atau jika kartu Anda hilang maupun dicuri, kepada institusi keuangan.

5  Pakai Secure Code

Pakailah penyedia jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra untuk pembelian online sehingga melindungi informasi rahasia pemegang kartu. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan kata sandi (password) tambahan yang hanya diketahui pemegang kartu, contohnya adalah dengan MasterCard SecureCode. Fitur keamanan ini memberi perlindungan tambahan untuk para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu di di dunia maya, serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

6  Simpanlah semua catatan transaksi dan bukti pembayaran

Ingat, untuk memeriksa rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir; periksa kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi Anda. Akhirnya, print bukti transaksi, dapatkan salinan surel langsung kepada Anda, dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan di akhir bulan.

Sumber: Popular-world.com


TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


1 thought on “Tips Aman Belanja Online: Hacker? Jangan Takut, Lakukan Jurus Berikut