BREAKING NEWS
Search

Ini 10 Peluang Usaha yang Paling Diincar Entreprenuer

Ilustrasi-Istimewa
Persaingan ketat di dunia kerja membuat kita perlu gesit mencari peluang usaha sebagai alternatif. Selain berinvestasi, berwirausaha bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mencari penghasilan, baik tambahan maupun primer.

Lantas apa saja usaha yang menarik untuk di geluti di era entrepreneur saat ini. Berikut lima dari 10 bidang usaha yang masih menjanjikan dan menggiurkan untuk ditekuni.

1. Kuliner

Bisnis apa yang enggak ada matinya? Sebagian besar orang pasti menjawab makanan dan minuman alias kuliner. Ya, peluang bisnis memanjakan lidah dan perut ini memang sangat menjanjikan. Tidak sedikit juga pengusaha kuliner sukses meraup keuntungan besar dari bisnis ini.

Untuk berbisnis kuliner, Anda harus melakukan inovasi guna menarik minat konsumen. Selama pengusaha bisa mematangkan strategi dan membaca celah dari bisnis yang satu ini, maka keuntungan besar sudah pasti masuk ke kantong. 

Menurut beberapa pengusaha yang berpengalaman di bisnis kuliner, ada sejumlah tak-tik agar usaha kuliner kita sukses dan berkembang meski menunya konvensional. Apa saja kah itu?

Pertama adalah pilih lokasi yang strategi. Tapi lokasi saja belum cukup tanpa excellent service yang mencakup keramahan, waktu penyajian yang cepat, dan kebersihan. Setelahnya, untuk menarik minat para pelanggan, Anda bisa menerapkan harga yang bersaing, dan yang tidak kalah penting rasa yang khas. 

Anda juga harus memberi konsumen kesan yang sangat positif saat mereka datang untuk pertama kali, sehingga tidak tahan untuk berbagi pengalaman makan di tempat kita sebagai kabar baik kepada para kerabatnya. Dan tentu, tidak sabar untuk datang dan datang lagi ke tempat kita!

2. Fashion 

Seiring perkembangan zaman, industri fashion juga menjadi salah satu kebutuhan primer selain pangan dan papan. Keinginan manusia untuk selalu tampil gaya dan up to date sangat besar. 

Karenanya, selain kuliner, bisnis fashion juga memiliki prospek yang cerah. Apalagi mode terus berkembang, meski diakui selalu ada siklus pengulangan sekaligus inovasi. Namun, itu menjadikan bisnis fashion cukup menguntungkan ditambah jika Anda memiliki pasar tersendiri.

3. Properti

Sektor yang tidak pernah sepi dari pembeli adalah sektor properti. Kebutuhan manusia terhadap hunian yang nyaman dan akses yang strategi, membuat bisnis di bidang properti semakin kompetitif. Akibatnya, bisnis jual beli rumah, rumah kontrakan, dan kos-kosan kian menjamur. 

Bisnis ini juga banyak diminati, karena nilai barang properti selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah bagi pengusaha, yakni sebagai media investasi. Sayangnya, untuk bisnis ini Anda membutuhkan dana yang cukup besar.

4. Toko Kelontong

Bisnis toko kelontong tadinya merupakan bisnis yang tergolong "iseng-iseng". Namun, kebutuhan masyarakat yang tinggi, membuat banyak orang melihat potensi toko kelontong sebagai pemasukan yang menggiurkan. Akibatnya, semakin hari semakin banyak orang yang mendulang rezeki lewat sektor ini. Terlebih, toko kelontong waralaba mudah ditemui di mana-mana. 

Akan tetapi karena kompetisinya yang semakin ketat, maka tentu saja Anda perlu melakukan diferensiasi produk. Untuk dapat bersaing, pelayanan dan ketersediaan barang juga menjadi dua hal yang harus terus dipenuhi pemilik toko untuk mempertahankan loyalitas konsumen.

5. Gadget

Belakangan ini kebutuhan akan gadget semakin meningkat, gadget tidak hanya difungsikan sebagai alat komunikasi, namun juga untuk mendukung pekerjaan serta memenuhi kebutuhan terhadap informasi dan hiburan. Tidak heran hampir semua orang tidak bisa lepas dari barang yang satu ini. 

Bagi beberapa orang, gadget sudah dianggap sebagai kebutuhan primer. Fenomena ini pun bisa menjadi peluang usaha. Jual beli gadget bekas dan baru, bisnis isi pulsa, serta berjualan aksesori gadget adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan.

6. Jasa Transportasi

Bisnis jasa transportasi, yang kini populer dengan istilah travel, dinilai masih cukup menjanjikan. Meskipun pelayanan transportasi publik semakin membaik, namun sebagian kalangan mengharapkan tingkat kenyamanan dan perasaan aman yang lebih tinggi. 

Konsumen pun masih merasa lebih leluasa dalam perjalanan bila menggunakan kendaraan travel. Sayangnya, usaha ini memang memiliki risiko yang tidak kecil, namun bukan berarti kita sulit mendulang keuntungan besar dari bisnis ini. 

Jika Anda ingin bersabar dan tekun, maka dengan langkah-langkah strategis yang tepat, bisnis jasa transportasi bisa memberikan keuntungan banyak bagi yang menjalankannya penuh dedikasi.

7. Agen Perjalanan 

Persaingan low cost carrier membuat masyarakat lebih mudah melancong dari pulau ke pulau. Hal ini pun berimbas pada naiknya pamor bisnis jasa agen perjalanan. 

Untuk memulai usaha ini sangat mudah, tidak perlu keahlian khusus dan modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Meski demikian, bisnis ini mempunyai potensi yang cukup besar, karena semua orang perlu berpindah tempat baik untuk satu-dua hari, sepekan, atau untuk masa yang lebih panjang. 

Entah untuk berwisata, urusan pekerjaan, urusan bisnis, maupun keperluan lainnya. Orang akan merasa perjalanannya lebih mudah, praktis, efektif, dan efisien dengan memakai jasa agen perjalanan.

8. Jasa Antarbarang (Logistik)

Meningkatnya bisnis online memberikan dampak positif terhadap pengusaha yang bergerak di bidang jasa antar barang. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu menuju pusat perbelanjaan, jasa antar barang merupakan alternatif utama. 

Di samping itu, menggunakan jasa antar barang memiliki nilai keekonomisan, karena barang dapat langsung terkirim ke alamat kita, jika kita cermat mengikuti perkembangan bisnis online, bisnis jasa antar barang akan sangat menjanjikan.

9. Salon/Perawatan Tubuh 

Penampilan merupakan salah satu bagian dari gaya hidup. Semua orang tentu ingin tampil menawan di segala kesempatan. Karenanya, bisnis salon dan perawatan tubuh mempunyai keunggulan tersendiri. Apalagi, kini urusan merawat tubuh tidak hanya menjadi perhatian perempuan tapi juga pria. 

Salon juga tidak lagi monopoli menyasar kelas menengah ke atas, tapi juga sudah menjadi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat, sebagian kalangan bahkan tidak segan merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan hasil yang menurut mereka lebih sempurna.

10. Warnet dan Game Online

Menjamurnya teknologi mobile dewasa ini tidak membuat bisnis warung internet terpuruk. Namun, Anda harus jeli melihat peluang dan mengambil langkah bisnis. Saat ini, anak-anak mudah masih menggemari game online dan warung internet sebagai arena yang ideal bagi mereka berkumpul. 

Komunitas game ini akan menjadi nilai lebih yang bisa digarap pengusaha warung internet, selain hanya menyediakan perangkat komputer untuk mengetik dan akses internet. Pemilihan lokasi yang strategis adalah salah satu tantangan pengusaha warnet. Idealnya, lokasi warnet berada di dekat sekolah atau kampus. 

Sumber: Okezone.com [Kamis, 04 September 2014]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Ini 10 Peluang Usaha yang Paling Diincar Entreprenuer