BREAKING NEWS
Search

Yuk, Mari Berkreasi Membuat Kerajinan Rumah Jamur ‘Lilin’ Unik dan Cantik dari Toples/Botol Kaca

Punya toples atau botol kaca tak terpakai di rumah? Yuk mari berkreasi membuat rumah jamur yang diterangi dengan cahaya lilin yang indah.

Kali ini kami akan memberitahukan Anda bagaimana caranya mengubah sebuah botol/toples kaca menjadi produk bernilai seni tinggi. Ide kerajinan toples kaca ini bisa menjadi hadiah yang sempurna bagi teman ataupun sahabat Anda – atau bahkan bisa dijadikan ladang bisnis baru untuk meraup pundi rupiah. Hanya butuh sedikit imajinasi dan jari-jemari terampil, Anda bisa membuat sebuah karya kerajinan yang indah. 

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan:
1. Sebuah jar (toples/botol kaca) kosong yang lengkap dengan tutupannya.
2. Polymer Clay, sediakan dalam berbagai warna.
3. Lilin
4. Sumbu
5. Cetakan untuk memotong, mungkin beberapa pisau/cutter atau cetakan kue

Bahan dan peralatan sudah lengkap! Berikut cara menuangkan ide kreatif Anda:
Bungkus/baluti dinding toples kaca tersebut dari bawah ke tepi dengan lapisan tipis polymer clay putih dan haluskan permukaannya. Bekerja dengan polymer clay ini serasa seperti adonan plastisin (plastisin adalah adonan lunak berwarna-warni yang dapat dibuat menjadi berbagai bentuk hiasan).
Gunakan pemotong kue persegi (jika tidak ada, Anda dapat menggunakan pisau) untuk memotong dan membentuk dua atau tiga jendela kecil. Selanjutnya, potong dan bentuklah sebuah pintu.
Selanjutnya, desain bingkai jendela dan pintu tersebut menggunakan clay cokelat. Agar terlihat lebih nyata, buatlah engsel dan gagang/pegangan pintu. Dan dengan sedikit imajinasi Anda, buatlah daun pintu menjadi beralur agar menyerupai kayu.
Gunakan pisau atau cetakan kue dan buatlah sebuah bentuk cetakan yang menyerupai hati pada bagian tengah daun pintu. 
Dengan clay hijau muda, bentuklah menyerupai rumput hijau yang merayap di sepanjang tepian bawah toples tersebut. Kemudian gunakan clay hijau tua dan buatkah menyerupai bunga yang merayap di sisi kusen pintu – ini akan menjadi semacam tanaman melata di ‘rumah’ kecil Anda. Dan selanjutnya, lengkapilah dan sempurnakan dengan ranting-ranting, dedaunan hijau tua dan hijau muda, serta dengan kelopak bunga berwarna merah muda dan oranye. 
Demikian halnya di jendela, hiasai dengan rumput yang merayap dan beberapa bunga kecil. 
Sekarang giliran tutup jar/toples yang dibaluti dengan polymer clay berwarna merah.
Buatlah beberapa bentuk lingkaran pipih dari clay putih dalam berbagai ukuran, sehingga kerajinan botol tersebut akan terlihat seperti jamur. Kemudian sekarang keringkan hasil karya Anda itu (botol dan tutupnya) dengan menggunakan pemanas oven sampai 130 ° C dan dan tunggu selama sekitar 30 menit.
Setelah kaca sudah dingin, tuangkan lilin meleleh di dalamnya dan memasukkan sumbu. Jepit sumbu tersebut diantara dua tusuk kayu yang ditempatkan di atas leher jar untuk mencegah agar sumbu tidak jatuh atau tenggelam ke dalam lilin.
Rumah jamur yang indah bukan? Ketika lilin dinyalakan, akan terlihat cahaya yang sangat indah dari balik jendela dan pintu. 
Nah, sekarang ikat pita merah di sekitar leher toples dan tulislah kata yang indah di secarik kertas/kartu kecil untuk teman atau sahabat Anda.  [pio]


Mudah kan? Selamat mencoba!

Sumber: www.diy-enthusiasts.com



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


1 thought on “Yuk, Mari Berkreasi Membuat Kerajinan Rumah Jamur ‘Lilin’ Unik dan Cantik dari Toples/Botol Kaca