BREAKING NEWS
Search

Cari Pekerjaan Makin Sulit, Lebih Baik Anda Berwirausaha

Ilustrasi (Istimewa)
Semakin sulitnya mencari pekerjaan belakangan ini membuat para pencari kerja dirundung putus asa. Maklum saja, semakin banyak pencari kerja berderet dalam antrean, sementara penambahan lapangan kerja tak bertumbuh mengiringi.

Jika setiap orang berpikir harus mencari pekerjaan seusai menempuh pendidikan, memang pekerjaan bakal semakin sulit didapat. Lapangan pekerjaan yang tersedia tidak akan mampu menutup jumlah pencari kerja yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Jumlah lapangan kerja yang tidak sebanding dengan pencari kerja inilah yang dinilai menjadi penyebab pengangguran semakin meningkat. Untuk itulah angkatan kerja mestinya mencoba membuat lapangan kerja sendiri dengan berwirausaha.

Berikut beberapa tips menjadikan Anda seseorang wirausaha yang sukses seperti dilansir Idiva, Rabu (18/12/2013):

Cintai Bisnis Anda

Mencintai bisnis berarti Anda tidak menjadikan beban dalam bisnis Anda. Anda akan dengan senang hati menjalankan bisnis tersebut. Bisnis yang dijalani dengan cinta lebih mudah berhasil karena dijalankan dengan sungguh-sunguh dari hati tanpa adanya paksaan.

Pilih Merek yang Tepat

Jangan sepelekan arti sebuah merek. Merek yang memiliki kekuatan emosional bisa mempengaruhi pilihan pelanggan atas suatu komoditas.
Suatu merek harus selalu menginspirasi dan memberikan kepuasan emosional di luar kebutuhan produk. Merek dapat menunjukkan kepercayaan, nilai tingkat eksklusifitas, keinginan, dan harapan yang melekat pada produk tersebut.

Disiplin Keuangan

Kita hidup di zaman yang tidak menentu. Pengusaha yang berkembang adalah seorang yang mampu bertahan di saat ekonomi sedang buruk. Sebuah bisnis yang memiki akuntabilitas dan likuiditas yang tinggi akan berkembang dengan kontrol biaya yang baik. Kurangnya disiplin pada keuangan akan membuat usaha yang dijalankan tidak akan berkembang dan justru akan mengalami krisis keuangan.

Kontrol yang Baik

Jangan pernah membedakan pelanggan dalam bisnis Anda. Sebuah bisnis haruslah memiliki sistem dan prosedur standar yang memungkinkan untuk memberikan keseragaman dari produk yang dihasilkan. Perusahaan besar seperti McDonald’s dan Starbucks memahami hal tersebut dengan baik dan memberikan standar layanan yang sama di seluruh dunia.

Terus Berinovasi

Anda diharuskan untuk terus-menerus melihat lingkungan yang ada di lingkungan sekitar Anda dan carilah tanda-tanda perubahan yang terjadi. Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya. 


TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Cari Pekerjaan Makin Sulit, Lebih Baik Anda Berwirausaha