BREAKING NEWS
Search

Ingin Lebih Kreatif? Sediakan Waktu untuk Sendirian

Ilustrasi (Shutterstock)
Dalam kesendirian, seseorang bisa menghasilkan karya terbaik.

Inspirasi dan ide-ide orisinil terkadang muncul entah dari mana dan seringkali justru sulit ditemukan saat kita sedang membutuhkan. Menyediakan waktu untuk diri sendiri dan membiarkan pikiran bebas berkelana ternyata bisa mendorong tingkat kreativitas.

Menurut psikolog Rollo May dari Amerika Serikat, untuk bisa kreatif, kita pertama-tama harus mampu menggunakan waktu sendirian. “Kita harus bisa mengalahkan rasa takut kesepian,” katanya.

Para seniman dan pekerja kreatif juga kerap dicap sebagai penyendiri. Namun para ahli berpendapat bahwa dalam kesendirian sebenarnya kita bisa menghasilkan karya terbaik.

Waktu untuk benar-benar sendiri menjadi kebutuhan orang-orang kreatif. Barangkali hal tersebut ada kaitannya dengan rasa ingin tahu yang besar dari mereka.

Pikiran orang kreatif terus dipenuhi oleh pertanyaan. Mereka selalu berdialog dengan diri sendiri. Mereka ingin tahu mengapa, bagaimana, dan bagaimana seharusnya dunia ini.

“Kita harus memberikan waktu bagi diri sendiri untuk sendirian agar pikiran dapat bebas. Kita juga harus bisa berdialog dengan diri sendiri agar mampu mengekpresikannya,” kata Scott Barry Kaufman, psikolog dari Universitas New York, AS.

Ia menegaskan, sulit bagi kita untuk menemukan suara kreatif dari dalam diri jika kita tidak mau membuka hubungan dengan sisi dalam diri.

Selain itu orang-orang kreatif juga biasanya lebih memahami makna dari pikiran yang jernih dan fokus. Para seniman, wirausaha, penulis, atau pencipta lagu, biasanya senang melakukan meditasi untuk mencapai pikiran kreatif mereka.

Secara ilmiah juga telah dibuktikan bahwa jika kita berhasil mencapai kesadaran penuh, antara lain dengan berlatih meditasi, kita bisa meningkatkan kemampuan otak. Kesadaran penuh ini juga akan meningkatkan daya ingat, fokus, perasaan nyaman, menurunkan stres dan kecemasan, serta meningkatkan kejernihan mental. Semua faktor itu akan mendorong kita lebih kreatif.

Sumber : The Huffingtonpost (dikutip dari Kompas)


TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Ingin Lebih Kreatif? Sediakan Waktu untuk Sendirian