BREAKING NEWS
Search

Baru, Lampu Meja ‘Tumbuh’ dari Jamur

Danielle Trofe bersama lampu meja temuannya, "Mush-Lume". (Foto: www.dwell.com).
Green product, solusi menghindari penumpukan limbah dan sampah plastik.

Inovasi memang tak pernah mati. Bereksperimen dan berkreasi, menciptakan produk baru adalah pencapaian luar biasa. Sebagaimana yang dilakukan oleh Desainer asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Danielle Trofe. Belum lama ini ia menciptakan sebuah produk inovatif, lampu meja dari jamur.

“Mush-Lume” demikian ia menamai produk barunya tersebut. Produk ini tercipta dari bahan organik yang dibuat dengan teknologi inovatif, memanfaatkan jamur pertanian, sekaligus merupakan salah satu solusi menghindari penumpukan limbah dan sampah plastik.

Sebelumnya, selama masa percobaan, Trofe telah bereksperimen dengan hidroponik vertikal dan tenaga surya, dan pada akhirya pada produk jamur, Ecovative Desain. Ia menggunakan bahan-bahan organik yang berkelanjutan dan mudah terurai, seperti sekam, biji-bijian, batang jagung, dan jamur miselium sebagai bahan baku lampu mejanya. Jamur miselium menjadi agen pengikat bahan-bahan lain.

Trofe menggunakan metode inovatif dalam membuat lampu jamurnya. Sang desainer menyampurkan bahan-bahan alami dalam cetakan. Kemudian, dia membiarkan jamur tumbuh selama empat hingga tujuh hari. Setelah itu, jamur tersebut dipanaskan dalam oven untuk menghentikan pertumbuhannya. Untuk melengkapi tudung lampu meja yang sudah jadi tersebut, Trofe menambahkan kayu dan beton pada bagian dasarnya sebagai penyanggah. Alhasil, tudung lampu meja pun berdiri teggak menyempurnakan produk ramah lingkungan ini.

“Bagi saya, itu adalah pencapaian besar,” kata Trofe . “Ini masa depan furniture dan industri pencahayaan. Ini tidak akan terurai ketika digunakan ruang tamu Anda. Akan tetapi, ketika Anda menghancurkannya, maka akan menjadi kompos dan menambahkan nutrisi ke dalam tanah.”

Trofe berencana akan segera memperkenalkan lampu temuannya tersebut. Tak hanya itu, produk-produk berbasis ecovative lainnya pun akan ia perkenalkan. Dia juga sendang mencari perusahaan manufaktur untuk membantu memperluas produksi temuannya, “Mush-Lume” tersebut.

Trofe berharap, lampu meja ini bisa menjadi produk jangka panjang yang berkelanjutan dan terjangkau oleh banyak orang.

“Saya ingin menciptakan produk yang dapat dijangkau oleh banyak orang,” katanya.



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Baru, Lampu Meja ‘Tumbuh’ dari Jamur