BREAKING NEWS
Search

Tahukah Anda, Fakta Menarik dari Inovasi Cable Ties?

Apa itu kabel ties, dan siapa yang menemukan produk nan praktis ini? Sudah pasti, ini adalah hasil inovasi dan kreativitas para penemunya.

Ribet dengan kabel-kabel yang berantakan di rumah atau kantor? Atau Anda mau mengeratkan ikatan pada body motor Anda? Tepat, jika pilihan Anda adalah pada kabel ties. Alat pengikat (cable ties) yang terbuat dari Nylon 66 ini sangat ampuh dan praktis digunakan untuk mengikat, mengencangkan, dan mengeratkan ikatan atau merapihkan kabel-kabel listrik, maupun benda lainnya di rumah maupun di kantor Anda.

Tahukan Anda, kapan dan siapa yang menemukan cable ties ini?
Kabel ties atau Ty-Rap pertama kali ditemukan oleh seorang desainer dan produsen konektor dan komponen listrik dan komunikasi asal Amerika, Robert M. Thomas dan Hobart D. Betts pada tahun 1958. Pada awalnya, penemuan digunakan untuk mengikat dan merapihkan kabel-kabel dan kawat di perusahaan pesawat terbang.

Ide awal penemuan cable tie tersebut sebenarnya datang dari Maurus C. Logan, Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan di perusahaan yang sama, pada tahun 1956. Ia menemukan bahwa urusan kabel-kabel pada pesawat adalah urusan yang sangat rumit dan rinci. Logan yakin ada cara yang lebih mudah untuk mengorganisir dan merapihkan kabel-kabel tersebut daripada menggunakan pengikat lain yang justru tidak bertahan lama dan membahayakan. Akhirnya ia pun mulai bereksperimen dengan berbagai alat dan bahan. Barulah pada 24 Juni 1958, usaha tersebut berhasil dan kemudian diperkenalkanlah cable tie dengan merek Ty-Rap.
Lashing Ties
Di Indonesia, cable ties ini sudah dipasarkan secara luas dan dengan mudah kita dapatkan di toko-toko listrik, otomotif, minimarket, hingga supermarket dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya. Pada umumnya, cable ties tersebut terbuat dari bahan dasar plastik Nylon-66 yang diproduksi dengan metode injection moulding. Namun demikian, ada juga cable ties dengan kualitas rendah sehingga lebih murah di pasaran. Sementara cable-ties yang baik tentu sudah dirancang untuk tahan terhadap berbagai zat kimia, pengencer cat/solvent, tahan terhadap oli, serta tidak mudah putus saat diikatk atau dieratkan.

Sebagaimana disadur dari saft7.com, cable-ties yang bermutu biasanya mencantumkan standard industri yang dipenuhinya pada kemasannya. Antara lain seperti, BS EN 50146:2000, Spesifikasi Militer SAE-AS23190; SAE-AS33671; SAE-AS33681. Produk ini pun tersedia dalam berbagai ukuran dan pilihan warna. Misalnya saja ukuran 100mm x 2.5mm, 160mm x 2.5mm, 200mm x 2.5mm, 140mm x 3.6mm, 120mm x 4.8mm, 160mm x 4.8mm, 430mm x 4.8mm, 200mm x 7.6mm, 550mm x 9mm, 550mm x 12.7mm, 762mm x 12.7mm, dan 1030mm x 12.7mm.
Stainless Steel Ties
Kini, dari pengembangan cable ties tersebut, terciptalah berbagai pengikat lain, seperti stainless steel ties, dan beberapa lainnya yang juga masih mengadopsi sistem kunci otomatis pada cable ties. Cable ties sendiri pun tersedia dalam beragam macam, seperti releasable ties, lashing ties, pe ties, air conditioner tube ties, push mount ties, dan sebagainya.
PE Ties
Keunggulan

Selain praktis dan mudah digunakan, cable ties juga memiliki pengunci otomatis yang berupa lidah pengunci bergerigi. Dengan begitu, eratnya ikatan pada sebuah benda tidak akan mudah kendur, meski dalam situasi/guncangan apapun.
Lebih dari itu, jika panjang cable-ties tidak cukup untuk mengikat suatu benda, maka cable ties dapat disambung dengan cable-ties yang lain.

Nah, satu lagi yang pastinya akan sangat membantu Anda ketika menggunakan cable ties ini, yakni alat yang tepat untuk mengikatnya. Sebenarnya hanya dengan tangan kosong ataupun tang saja sudah cukup, tapi ternyata ada alat khusus pengikat cable ties yang sudah tersedia di toko-toko perkakas. Dengan cable-ties tool Anda tidak lagi mengeluarkan tenaga yang besar untuk mengikat sebuah benda, karena alat ini akan sangat membantu mengeratkan dengan otomatis.
Alat pengunci cable ties
Dan, satu lagi. Mungkin Anda masih berpikir bahwa dengan mekanisme penguncian otomatis pada bagian kepala cable-ties membuat cable-ties seakan bersifat permanen, apalagi jika sudah mengikat kencang. Padahal bisa dibuka lho!

Caranya hanya dengan menggunakan sebuah obeng minus, tentu yang berukuran kecil atau yang bisa masuk ke lubang kepala cable ties. Caranya, masukkan obeng tersebut dan tekan atau ungkit lidah pengunci pada bagian kepala cable-ties, dengan demikian, maka cable-ties dapat dibuka kembali.
Air conditioner tube ties
Nah, sudah paham kan apa keuntungan cable ties? Dan, jelaslah pula bahwa si penemu telah berjasa besar, terutama bagi mereka yang sangat membutuhkan cable ties ini. Praktis dan mudah digunakan. Atas inovasi dan kreativitas mereka tersebut, tentu keuntungan besar pun mereka peroleh.

Okey, mari kita berkreasi dan berinovasi melalui eksperimen-eksperimen untuk menciptakan sebuah produk yang unik, menarik, inovatif, serta bermanfaat bagi banyak orang [ama/IndoTrading News].



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Tahukah Anda, Fakta Menarik dari Inovasi Cable Ties?