BREAKING NEWS
Search

Bagaimana Anda Akan Memulai Bisnis Sendiri? Ini Tahapannya

Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Menjalankan sebuah usaha sedari kecil, bukanlah tanpa tantangan, tapi menjadi bos sendiri dan melakukan apa yang Anda cintai, itu bisa sangat bermanfaat.

Jika Anda berpikir untuk memulai sebuah bisnis, ini langkah demi langkah, panduan yang perlu Anda ketahui, mulai dari ide hingga membagun merek Anda sendiri.

1. Tuangkan Ide.

Setiap bisnis baru, dimulai dengan sebuah ide. Mungkin Anda memiliki pengetahuan/kemampuan atau semangat di bidang tersebut, atau barangkali Anda telah menemukan cela bagus untuk masuk dan mengisi peluang di pasar. Buatkanlah daftar bisnis yang bisa mulai Anda lakukan. Anda bisa memulai dengan bisnis rumahan, seperti event-perencanaan atau pelayanan penitipan anak, atau mungkin bisnis internet, seperti pengembangan aplikasi atau bimbingan online.

Atau pilihan lain adalah memulai bisnis waralaba dari sebuah perusahaan yang sudah ada. Jika Anda memilih bisnis waralaba ini, maka Anda tidak perlu lagi bekerja lebih keras. Konsep, berikut merek, dan model bisnisnya sudah ada. Anda tinggal mencari dan menentukan lokasi yang strategis dan melengkapi beberapa sarana lainnya.

Setelah Anda mempersempit daftar gagasan menjadi hanya satu atau dua, maka lakukanlah pencarian/riset cepat pada perusahaan yang ada dalam industri yang Anda pilih. Pelajari dan ketahui apa yang telah dilakukan oleh pemilik/pemimpin di perusahaan tersebut dan selanjutnya, bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda dengan lebih baik. Jika Anda berpikir bisnis Anda bisa memberikan sesuatu yang perusahaan lain tidak bisa (atau memberikan hal yang sama, tapi lebih cepat dan lebih murah), Anda punya ide yang solid dan siap untuk membuat rencana bisnis.

2. Membuat Rencana Bisnis (Business Plan)

Sekarang Anda telah memiliki ide bisnis, namun ada beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda. Apa tujuan dari bisnis Anda? Ke mana atau ke siapa produk Anda akan dijual? Apa tujuan akhir Anda? Bagaimana dengan biaya awal bisnis Anda? Semua pertanyaan ini dapat dijawab dalam rencana bisnis yang Anda buatkan dengan baik.

Sebuah rencana bisnis akan membantu Anda mencari tahu di mana posisi perusahaan Anda, bagaimana mengatasi kesulitan dan hambatan yang ada, dan apa yang Anda butuhkan untuk mempertahankan itu.

Berikut beberapa hal dasar yang perlu diketahui, terkait pembuatan rencana bisnis tersebut:
- Apa bisnis Anda dan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda
- Bagaimana Anda akan mengisi kebutuhan pasar
- Penelitian pada target pasar Anda
- Organisasi dan manajemen perusahaan/bisnis Anda
- Pelayanan atau lini produk, termasuk informasi hak cipta
- Strategi untuk penetrasi pasar dan pertumbuhan
- Perkiraan biaya dan permintaan dana (jika Anda memerlukan bantuan keuangan)

Jika Anda merasa sedikit kewalahan untuk menulis rencana bisnis Anda, ada banyak contoh di media online yang bisa digunakan sebagai referensi. Hal ini mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi itu adalah tahapan penting untuk memulai bisnis Anda.

3. Keuangan/Dana

Anda telah menentukan perkiraan jumlah uang yang akan Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda. Sekarang Anda perlu mencari tahu bagaimana Anda akan mendapatkan dana tersebut. Apakah Anda memiliki investor atau partner untuk mendanai bisnis Anda, atau Anda perlu meminjam uang?

Jika bisnis yang hendak Anda jalankan hanyalah pekerjaan sampingan, mungkin gaji Anda bisa sebagai modal awal, tanpa harus mengutang. Sementara jika bisnis baru Anda adalah bisnis utama, adalah bijaksana untuk menunggu sampai Anda memiliki setidaknya modal awal untuk memulai bisnis Anda.

Namun, ada juga cara lain mendapatkan pinjaman modal, adalah melalui perbankan. Anda bisa memilih jalur pinjaman yang dikhususkan untuk memulai sebuah usaha kecil menengah (UKM). Tapi, ada baiknya juga jika sedikit-demi sedikit Anda kumpulkan pinjaman dari keluarga atau teman dekat Anda untuk memulai bisnis tersebut, nanti akan dikembalikan dikemudian hari.

4. Tentukan Struktur Legalitas Bisnis Anda

Sebelum Anda mendaftarkn perusahaan Anda, baiknya Anda perlu memutuskan apa jenis entitas usaha tersebut. Struktur bisnis Anda secara legal mempengaruhi segala sesuatu dari bagaimana Anda mengajukan pajak, tanggung jawab pribadi Anda jika terjadi kesalahan.

Jika bisnis tersebut sepenuhnya adalah milik Anda, dan Anda berencana akan bertanggung jawab atas semua hutang dan kewajiban, maka Anda dapat mendaftarkan kepemilikan usaha tersebut atas nama sendiri/tunggal. Sementara kemitraan, berarti dua atau lebih orang yang bertanggung jawab sebagai pemilik usaha.

5. Promosikan Merek Usaha Anda

Anda telah menuliskan rencana bisnis yang rapih, menyiapkan dana, dan menyelesaikan persoalan legalitas usaha. Anda siap untuk memulai bisnis, kan? Jangan terburu-buru.

Untuk menjalankan sebuah ide bisnis yang bagus, tidak akan ada gunanya jika orang tidak tahu tentang hal itu. Ada baiknya jika Anda juga tidak hanya sekadar memberitahu orang-orang di sekitar Anda saja, Anda perlu memberi tahukan lebih banyak orang bahwa Anda memulai sebuah bisnis. Sebelum Anda memulai menjual produk atau jasa, Anda perlu membangun merek Anda.

Kehadiran website dan media sosial paktis penting untuk setiap bisnis usaha kecil di dunia saat ini. Buatlah logo yang dapat membantu orang dengan mudah mengidentifikasi merek bisnis Anda dan konsisten dalam menggunakannya di semua platform bisnis Anda. Gunakan media sosial untuk menyebarkan berita tentang perusahaan dan bisnis baru Anda. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai alat promosi, misalnya dengan menuliskan informasi di halaman Facebook perusahaan Anda, dan Anda akan menerima respons “Like” dari pengunjungnya.

6. Luncurkan dan Kembangkan Bisnis Anda

Anda akan sangat merasa legah ketika Anda melakukan transaksi pertama Anda. Anda bahkan dapat menikmati kesuksesan dengan pesanan mengalir, segera setelah Anda memulai. Tapi ingat bahwa tugas Anda baru saja dimulai – dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan dan tetap bertahan, dan perlu terus menumbuhkan dan mengembangkan bisnis Anda. Ini akan memakan waktu dan usaha serta kerja keras.

Bekerja sama dengan merek atau perusahaan yang lebih mapan dalam industri Anda adalah cara yang bagus untuk mencapai pertumbuhan usaha. Anda juga dapat bekerja sama dengan organisasi amal atau relawan dengan memberikan produk untuk tujuan memperkenalkan dan mendapatkan nama yang lebih luas. Ada juga banyak teknologi yang tersedia untuk usaha kecil mencapai tingkat pertumbuhan berikutnya.

Memulai bisnis bisa menjadi keputusan yang berisiko, tetapi dipersenjatai dengan persiapan dan informasi yang tepat, maka Anda akan menjadi seorang wirausahawan sukses dalam waktu singkat.

Selamat berwirausaha!

Sumber : Business News Daily via IndoTrading News
Editor : Pius Klobor


TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


1 thought on “Bagaimana Anda Akan Memulai Bisnis Sendiri? Ini Tahapannya