BREAKING NEWS
Search

Batu Giok, Kenapa Begitu Berharga?

Beberapa patung yang dibuat batu giok (Foto: Pius)
Jalan-jalan ke Negeri Tiongkok atau China, tak lepas mata tertuju pada bebatuan berharga atau lazim dalam istilah Mandarin disebut giok. Di seantero negeri ini terdapat toko-toko, hingga pedagang kaki lima juga pabrikan yang memproduksi dan menjajahkan berbagai jenis bebatuan berharga tersebut. Kenapa berharga?

Batu giok atau yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan jade tersebut telah menjadi legenda besar di seluruh Negeri Tiongkok ini. Batu mulia ini menyimpan sejarah panjang mengenai filosofi hidup bersama dan tatanan sosial di China.

Giok yang juga dipergunakan sebagai medali penghargaan pada Olimpiade China 2008 ini tak sekadar menjadi perhiasan di badan, atau pajangan di rumah, kantor dan tempat usaha. Bebatuan berharga tersebut juga menjadi semacam simbol sosial. Semakin banyak memiliki koleksi atau pajangan batu giok apalagi dengan tingkat ukiran yang kian rumit, maka semakin jelas pula menunjukkan status sosial atau kemapanan seseorang.
(Foto: Pius)
Eka, seorang tour guide lokal China menceritakan, sudah ratusan tahun, batu giok menjadi kebudayaan sekaligus perhiasan bagi warga China. Tak hanya itu, batu giok juga menjadi alternatif pengobatan sejak ratusan tahun lalu.

“Batu giok dipercaya dapat menyebuhkan berbagai jenis penyakit. Zaman dulu, oleh raja pun digunakan untuk pengobatan,” tutur perempuan yang fasih Bahasa Indonesia ini.

Batu giok, disebutnya memiliki 26 jenis mineral yang dapat menyehatkan tubuh manusia. “Ini batu giok terbaik dan kandungan mineral tersebut dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Jadi batu giok juga diyakini dapat menjadi penyelamat bagi manusia,” tegas Eka.

Bahkan, Eka melanjutkan, ada sebuah cerita yang diyakni kebenarannya oleh rakyat di Negeri Tiongkok tersebut. Pernah ada seorang wanita tua yang naik becak dan ditabrak cukup parah oleh sebuah mobil. Tapi anehnya, setelah diperiksa di rumah sakit, bahkan hingga tujuh hari, wanita tersebut sama sekali tidak bermasalah dengan fisiknya. Bahkan tim dokter menyatakan 100 persen kondisi ibu tersebut sehat tanpa cacat. Hanya saja batu giok yang dikenakan wanita tua tersebut hancur ketika benturan keras itu.

“Orang percaya bahwa batu giok tersebutlah yang menolong dan menyelamatkan jiwa ibu 70 an tahun tersebut,” ujar Eka.

Kian Berharga
Beragam aksesori dan produk batu giok lainnya yang dipajang disebuah market sekaligus pabrik giok di pinggiran kota Beijing, Tiongkok (Foto: Pius)
Keindahan dan keunikan jade asal Negeri Tiongkok tak dapat dipungkiri lagi. Berbagai varian warna yang nyentrik dengan tampilan bentuk dan model yang unik dan menarik tentu semakin memikat setiap mata yang memandangnya. Di negeri ini, jade atau batu giok tersedia dalam berbagai jenis, warna, ukuran dan bentuk. Namun persediaan batuan berharga ini pun kian menipis. Hal ini juga diikuti oleh semakin sedikitnya pengerajin maupun pengusaha yang menggeluti bisang usaha tersebut. Anak-anak muda pun kian terkontaminasi dengan berbagai produk instan dan modern, mereka semakin menjauh dari giok. Apalagi menekuni usaha ini, mereka lebih memilih menjadi pegawai kantoran dengan gaji yang tinggi pula. Inilah yang kemudian menjadikan harga jenis precious stones ini pun semakin melambung.

Beberapa toko bahkan pabrik giok di Beijing memajang harga selangit, dan tak bisa ditawar. Harga ratusan ribu rupiah rasa-rasanya menjadi harga termurah buat sekeping giok polos. Dan harga puluhan bahkan ratusan miliaran rupiah benar-benar menunjukkan betapa berharganya bebatuan mengkilap tersebut.
(Foto: Pius)
Seperti yang terlihat si salah satu pabrik batu giok yang terletak di pinggiran Kota Beijing. Di pabrik giok milik pemerintah tersebut, dijajal aneka bentuk produk dari batu giok. Mulai dari yang berukuran kecil, seperti anting, gelang, cincin, kalung, hingga souvenir lainnya. Adapula yang berukuran sedang hingga besar, seperti patung-patung yang menyerupai dewa, jenis binatang, dan lainnya. Pabrik ini pun melayani pemesanan berbagai jenis produk dari batu giok.

Harganya pun bervariasi, yang disesuaikan dengan kualitas giok, hingga ukuran, warna dan tingkat kerumitan ukiran pada bentuk produk tersebut. Misalanya, untuk sebuah cincin kualitas C dipasarkan dengan harga sekitar Rp100-an ribu. Sementara jenis cicin yang sama namun dengan kualitas yang lebih baik, yakni B atau A, maka harga yang dibanderol pun cukup fantastis, yakni mencapai Rp5 juta hingga belasan juta rupiah.

Di Indonesia, harga jade dengan kualitas yang cukup baik pun dipasarkan dengan harga yang cukup mahal, mulai dari Rp 500an ribu hingga belasan bahkan puluhan juta rupiah. [Pius Klobor - laporan dari Beijing/IndoTrading News]


Baca Juga:



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Batu Giok, Kenapa Begitu Berharga?