BREAKING NEWS
Search

Tampilkan Kesan Beda di Sisi Anda dengan Golden Coco

Beragam panel daur ulang dan ramah lingkungan hadir dari komponen kelapa dan kayu bekas.

Hanya dengan kreativitas dan inovasi, seseorang atau perusahaan dapat terus berjalan dan bertahan di tengah gejolak persaingan yang semakin tinggi. Inovasi bisa datang kapan saja dan darimana saja, selama ada kemauan untuk berkarya. Demikian halnya pada PT Golden Coconut/Maraton Kencana, yang kini menghadirkan beragam produk inovasi terbaru memanfaatkan produk ‘bekas’ dari alam menjadi produk bernilai jual tinggi. Produk-produk tersebut antaralain panel, furniture, maupun interior decoration.

Dian, salah satu staf pemasaran perusahaan ini menuturkan, Maraton Kencana sejatinya sudah ada sejak 1990 dan telah mengerjakan berbagai proyek, baik perumahan, rumah sakit, hotel, apartemen, termasuk Mall Karawaci di Tangerang, Banten. Namun krisis yang melanda negeri ini pada 1997, berimbas pada ditutupnya beberapa proyek perusahaan tersebut.

Namun, tak butuh waktu lama. Maraton Kencana akhirnya kembali bangkit dan bahkan mulai menjajaki pasar luar negeri pada 1998. Produk-produk seperti furnitur dan kerajinan diekspor ke pasar Eropa. Tak berhenti di situ, permintaan pasar internasional terus meningkat. Maraton Kencana pun menjajal produknya ke pasar-pasar di Amerika Serikat, Amerika Selatan, Timur Tengah, Asia, dan negara-negara lainnya.
“Sekitar 2002 kami juga mendapatkan beberapa proyek hotel, seperti di Singapura, Fiji, Maladewa, Dubai dan Bahama,” ujar Dian kepada IndoTrading News di area Pameran Indobuildtech 2013di JCC, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Kini, perusahaan yang beralamat di Jalan Kilisuci No. 79D, Kediri, Jawa Timur ini memproduksi dan memasarkan berbagai macam produk, antaralain indoor furniture, garden furniture, outdoor furniture, box of other materials, dan wooden frames. Ada juga wood marquetry and inlaid wood, basketwork & the like of oth. veg. materials, tableware & kitchenware of porcelain of china, statuettes & oth. ornamental ceramic articles of porcelain or china, dan other ceramic articles, serta framed & unframed glass mirrors.

“Intinya, dari langit-langit atau plafon rumah, dinding, lantai, hingga isi ruangan (furnitur), bisa kami hadirkan,” kata dia.

Golden Coco
Meski selalu ada permintaan di pasar-pasar luar negeri, namun Maraton Kencana tak putus dalam berinovasi. Pasalnya, tensi persaingan diantara perusahaan sejenis pun terus meningkat. Maka, Maraton Kencana pun menghadirkan beragam produk terbarunya dengan mengadopsi tema “ramah lingkungan/green product” dan produk “daur ulang/recycled material”.

Adalah “Golden Coco” brand dari berbagai produk inovasi terbaru Maraton Kencana yang alami dan ramah lingkungan tersebut. Sebagaimana namanya, Golden “Coco(nut)” yang berarti kelapa, maka sebagian produknya pun memanfaatkan komponen pohon kelapa, seperti batok sebagai material untuk menghasilkan beragam varian panel yang sangat menarik dan tentu akan memberikan kesan yang berbeda.

Adapun Golden Coco Panel dapat diaplikasikan ke berbagai sisi ruangan rumah, kantor atau tempat usaha Anda, seperti wall panel (panel dinding), door (pintu), ceiling (langit-langit), furniture (mebel), dan untuk berbagai interior decoration (dekorasi interior).
“Produk Golden Coco ini akan menghadirkan perbedaan yang signifikan pada dekorasi rumah maupun kantor Anda,” ujar Dian berpromosi.

Tidak hanya memanfaatkan batok kelapa yang didatangkan dari pengumpul atau petani setempat, produk Golden Coco juga telah merambah menggunakan material kayu, bambu, dan beberapa jenis lainnya.

“Untuk backing-nya, bisa pilih beberapa opsi, seperti plywood atau matt,” tambah Dian.

Sementara varian produk Golden Coco yang diproduksi, antaralain biak, dan dempo yang hadir dengan beragam motif, seperti surya natural, yellow dusun, palopo black, flower, hexos brown, dan brown village.

“Semua produk kami menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Aplikasi atau penggunaannya pun sangat mudah. Dari pabrik sudah dalam bentuk lembaran, jadi bisa langsung dipasang,” tutur Dian.

Semua bahan, baik kayu, maupun batok kelapa, menggunakan 100 persen bahan lokal yang didatangkan dari para pengumpul maupun petani lokal. Lama pengerjaan pun sangat bergantung pada jenis bahan yang digunakan serta ukuran dan motif, serta bentuk panel tersebut.

“Ada yang bisa kami kerjakan dalam dua minggu, tapi ada juga yang bisa beberapa bulan,” terangnya.
Untuk pemasarannya, Dian menuturkan, sejak awal produksi, atau sekitar 1990-an, Golden Coco langsung membidik pasar luar negeri. Ini lantaran produk-produk tersebut dinilai antik dan membawa kesan alami dan berbeda dengan jenis panel lainnya. Namun, sejak dua tahun lalu, Golden Coco juga mulai peruntungannya di pasar lokal. Tak jauh beda, sebut Dian, respons pasar lokal pun sangat tinggi terhadap produk-produk tersebut.

Produk-produk daur ulang dan ramah lingkungan tersebut dipasarkan dengan harga bervariasi, seperti Rp360-an ribu per meter persegi untuk panel yang menggunakan batok kelapa.

“Tapi tidak semua jenis panel batok kelapa harganya sama, karena sangat bergantung pada motif, bentuk, maupun ukurannya,” pungkasnya. [Pius Klobor/IndoTrading News]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Tampilkan Kesan Beda di Sisi Anda dengan Golden Coco