BREAKING NEWS
Search

Jig Stripper, Mesin Pengelupas Cat Modern, Ramah Lingkungan

Dengan Jig Stripper, produktivitas kerja Anda akan meningkat. Tinggalkan cara lama, gunakan produk dengan harga Rp500 juta ini.

ANDA bosan bekerja berlama-lama, membuang waktu hanya untuk membersihkan cat yang menempel pada sebuah gantungan (hager) atau material lainnya? Sudalah, tinggalkan semua itu, dan gunakan Jig Stripper. Mudah dioperasikan dan hanya dalam waktu singkat semua cat akan terkelupas dari material tersebut. Produktivitas kerja Anda pun meningkat, Anda tentu puas.

Jig Stripper, mesin ramah lingkungan, pilihan tepat untuk pengelupasan cat, demikian dikatakan Winardi, salah satu karyawan PT Maruka Indonesia. Maruka merupakan general trading dan distributor berbagai mesin, dan salah satunya adalah Jig Stripper, buatan Daichu (PT Daichu Indonesia).

“Jig Stripper adalah mesin untuk menghilangkan lapisan yang melekat pada jig dengan cara memproyeksikan media khusus terhadap jig tersebut. Jadi benda-benda atau material logam yang mengandung cat, seperti hanger langsung dimasukkan ke dalam mesin ini dan tinggal menunggu. Hasilnya pasti bersih,” ujar Winardi kepada IndoTrading News, baru-baru ini.

Menurutnya, pengoperasian mesin tersebut tidak terlalu sulit, sehingga siapapun bisa mengoperasikannya. Proses pembersihan cat juga tidak akan merusak permukaan material yang dimasukkan, karena mesin tersebut tidak menggunakan campuran bahan kimia.
Sulfikar Sultan (Foto: Pius)
“Media tidak akan merusak hanger karena terbuat dari bahan yang kekerasannya lebih rendah dari stainless, sehingga hanger tidak akan terkikis,” terang Winardi.

Selain itu, Winardi melanjutkan, komponen atau bagian dalam mesin ini seperti karet, semacam packing filter pada kolektor dan lain-lain, sehingga tidak akan mudah rusak dan akan berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian dapat menekan dan mengurangi biaya produksi karena tidak perlu membeli suku cadang.

Senada, Sulfikar Sultan, Service Engineer PT Daichu Indonesia menambahkan, pengoperasian yang sangat sederhana dapat menghilangkan lapisan cat dengan lebih sempurna dibandingkan dengan pembakaran.

“Material dimasukkan ke dalam mesin. Gantungan Jig Stripper akan bergerak maju-mundur, juga berputar searah dan berlawanan jarum jam. Dengan gerakkan tersebut, pengelupasan dapat dilakukan hanya dengan satu kali pengoperasian. Jadi sangat mudah, dia akan blasting sendiri, dan waktunya pun bisa diatur,” terangnya.

Soal waktu, Sulfikar menambahkan, bisa diseting, namun rata-rata untuk membersihkan cat membutuhkan waktu sekitar 20 menit. “Ini tergantung juga pada ketebalan lapisan cat tersebut. Jig berukuran besar dan jumlahnya banyak, catnya dapat mengelupas dalam satu waktu.”

Jig Stripper tersedia dalam beberapa model/item, yakni FJS-700SL, FJS-1000H, dan FJS-1200. Masing-masing tipe tersebut memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda.

Produk asal Negeri Sakura, Jepang ini memiliki trommel yang berfungsi untuk memisahkan blasting media (tembaga) dengan debu dan kotoran yang dihasilkan selama proses pengoperasian mesin secara efisien. Jadi kotoran akan dipisahkan dengan media sebelum dikeluarkan dari dalam mesin. Media yang telah dipisahkan juga kembali masuk ke dalam mesin dan bisa digunakan kembali.
“Namun, perlahan media akan terkikis dan berkurang, sehingga diperlukan pengisian ulang dalam waktu tertentu. Tidak perlu mengganti media yang tersisa,” jelas Sulfikar.

Selain itu, mesin ini juga punya kolektor debu (dust collector) yang terpasang di dalam mesin, sehingga debu yang merupakan limbah pembersihan cat tersebut tidak akan mencemarkan lingkungan maupun operatornya.

Menggunakan produk ini dipastikan akan mengurangi biaya produksi secara signifikan apabila dibandingkan dengan pengupasan secara konvensional atau manual. Apalagi, untuk instalasi satu unit mesin ini pun membutuhkan ruang yang minimum.

Sejauh ini, produk Jig Stripper tersebut telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusaan otomotif dan industri lainnya yang banyak melakukan paintingatau pengecatan. Produk ini telah dipasarkan di sekitar Jakarta, seperti di Karawang, Cikarang, Tangerang, dan lainnya.

“Produk ini didatangkan langsung dari Jepang dan baru dua tahun dipasarkan di Indonesia,” tegas Sulfikar. Kata dia, di Indonesia masih banyak pihak yang menggunakan cara manual saat membersihkan cat, sehingga produk semacam ini belum banyak yang menggunakannya.

Jig Stripper tipe FJS-700SL sudah dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp500 juta. Berbagai komponen dan part-nya pun tersedia jika ada yang harus diganti. Perusahaan ini juga menyediakan tenaga service yang siap membantu Anda. [Pius Klobor/IndoTrading News]


TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


1 thought on “Jig Stripper, Mesin Pengelupas Cat Modern, Ramah Lingkungan