BREAKING NEWS
Search

Gunakan LPG 3 Kg, Mobil Anda Hemat BBM Hingga 45 Persen

Converter kit ini bisa diprogram dalam tiga fungsi, yakni hanya menggunakan gas saja, BBM, atau campuran bbm dan gas.

JAKARTA, IndoTrading.com – Harga bahan bakar minyak (BBM) terus melambung. Tentu, pengeluaran Anda pun bakal membengkak. Nah, mau yang hemat biar kantong Anda tetap tebal? Gunakan saja bahan bakar gas, Anda bisa hemat hingga Rp900 ribu per bulannya.

Adalah Gaskit Conversion Kit, produk converter kit yang menggunakan tabung LPG 3 kg untuk menghemat pengeluaran Anda. Produk karya anak bangsa, hasil kerja sama PT Tritunggal Prakarsa Global dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ini disebut sebagai inovasi baru yang nyaman digunakan di kendaraan, baik mobil maupun motor.

“Dari hasil uji coba, penggunaan gas ini sudah sangat nyaman. Tabung LPG dimasukan ke dalam boks yang telah dilengkapi dengan panel ‘alarm’ jika ada gas yang bocor,” kata Heri Purwanto, Commissioner dan juga salah satu peneliti pada PT Tritunggal Prakarsa Global, kepada IndoTrading.com, di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Kata dia, uji coba telah dilaksanakan dengan menggunakan mobil Toyota Yaris Konversi kg ke liter untuk LPG sesuai berat jenisnya: 1 kg LPG sama dengan 1,7 liter LPG (+/-2 liter). Dengan demikian, 3 kg LPG sama dengan 6 liter LPG yang harganya Rp15.000.
Konsumsi BBM Yaris menggunakan premium adalah 1 liter untuk jarak tempuh 10 km, maka 6 liter premium dengan harga Rp27.000 (Rp4.500/liter) dapat digunakan untuk jarak 60 km.

“Jika dengan LPG 1 liter/10 km, maka efisiensinya adalah Rp27.000 dikurangi Rp15.000, sama dengan Rp12.000,” terang dia.

“Efisiensi menggunakan tabung LPG 3 kg kurang lebih mencapai 45 persen,” tambahnya.

Heri mengungkapkan, jika dalam satu bulan pengguna BBM mengeluarkan dana sebesar Rp2 juta, maka apabila menggunakan BBM akan menjadi penghematan sebesar 45% x Rp2 juta, sama dengan Rp900.000.

“Efisiensi menggunakan tabung LPG 3 kg lebih besar dibanding menggunakan CNG,” tegas Heri.

Adapun beberapa keunggulan produk tersebut, yakni menggunakan tabung fleksibel yang mudah dipasang dan dilepas kembali, bahan bakar (LPG) juga mudah didapat, baik di SPBU, minimarket, dan lainnya.

Lebih dari itu, converter kit ini bisa diprogram menjadi tiga fungsi, yakni hanya menggunakan gas saja, BBM, atau campuran bbm dan gas. Selain itu, produk yang juga bisa diaplikasikan di motor dan perahu nelayan tersebut dipasarkan dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp3 juta untuk motor dan Rp7 juta untuk mobil.

“Sementara ini memang lebih direkomendasikan penggunaannya untuk mobil, tapi motor juga bisa,” tutupnya. [Pius Klobor/IndoTrading News]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Gunakan LPG 3 Kg, Mobil Anda Hemat BBM Hingga 45 Persen