BREAKING NEWS
Search

Simak, Keluarga Sederhana ini Meraup Untung Berlipat dari Bisnis Rumahan

OdisFood yang dijalankan dengan kondisi yang serba terbatas, kini omsetnya telah melebihi Rp 10 juta per bulannya.

Apapun jenis sebuah usaha mestinya dapat dilaksanakan tanpa harus merasa minder apalagi malu lantaran Anda memulai dengan keadaan yang serba terbatas. Dan, harus pula dijalankan dengan penuh keyakinan serta berpikiran positif, bahwa bisnis tersebut akan berhasil, meski banyak usaha sejenis di sekitar Anda.

Demikian pula yang dilakoni Shanty Wardhana, ibu dua anak yang kini menjalani usaha rumahan (home industry), berjualan cake/kue dari tempat tinggalnya, di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan. Bisnis kecil-kecilan yang dijalani sejak 2007 silam ini kini telah menghasilkan beragam varian panganan lezat dengan citarasa istimewa. Di antaranya adalah Pizza Mini, Fruit Pie, Rainbow Cake, Red Velvet, Choco Devils, Floss Roll Bun, Brownies Kukus Ketan Hitam, Rainbow Cake Bundar, American Risoles, Brownies Kukus Pandan, dan Pudding Cokelat.

Berbagai panganan lezat tersebut, kata Shanty, baru akan tersaji jika ada yang memesan untuk dibuatkan. “Pada prinsipnya kami menerima pesanan semua jenis cake, jadi spesifik lebih kepada makanan ringan dan cake. Dan kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami, makanan yang masih segar, dengan cita rasa ‘asli’ tanpa bahan pengawet dan pewarna,” ujar Shanty.

Inilah yang menjadi ciri khas usaha yang belakangan (resminya tahun 2010) dinamakan “OdisFood” tersebut. Shanty mengakui, meski banyak bisnis sejenis dengan brand yang sudah sangat terkenal, namun usahanya itu juga tetap mendapatkan tempat di masyarakat, terutama di sekitar Jabodetabek.
Mengapa? Selain panganan tersebut yang selalau tersaji dalam keadaan segar alias tidak tersimpan lama, bahan pembuatannya juga menggunakan racikan khusus dengan perpaduan bahan-bahan pilihan. Lebih dari itu, pemesan pun dapat meminta untuk dibuatkan sesuai selera yang diinginkan.

“Kami berani jamin, bahwa produk kami ini selalu segar dan sehat, serta layak untuk dikonsumsi, karena kami tidak menyimpan (stok) dalam waktu lama. Bahkan tidak sampai 24 jam, biasanya setelah selesai pembuatan, langsung diantar ke alamat pemesan,” terang Adithya Wardhana (33), suami Shanty.

Adith meyakini, bisnis yang digeluti istrinya tersebut akan terus berkembang, meski brand usahanya belum se-tenar usaha sejenis lainnya. Keyakinan tersebut kian bertambah, pasalnya hampir setiap hari ada saja pesanan yang masuk.

“Bahkan, terkadang kami juga menolak mas, atau sampaikan ke pemesan untuk antre. Ya itu tadi, kami kan nggak nyetok, jadi selesai buat ya langsung kirim. Makanya, kerjanya pun satu per satu, jadi hasilnya tentu sangat memuaskan pelanggan kami,” tutur ayah dari Adlina Wardhana (5) dan Araikal Wardhana (3) ini.

Ya, ini cukup beralasan, pasalnya semua proses pembuatan cake tersebut dilakukan sendiri oleh Shanty dan terkadang dibantu oleh Adith, suaminya. Apalagi jelang hari raya atau hari besar lainnya, pesanan selalu menumpuk. “Kalaupun kami sewa pembantu, itu hanya untuk menjaga anak-anak saja. Untuk pembuatan cake, tetap kami kerjakan sendiri,” sebutnya.
Berbagai varian produk makanan ringan dan cake besutan OdisFood tersebut dijual dengan harga bervariatif, antara Rp 3.000 untuk beberapa jenis Risoles hingga Rp 500-an ribu untuk Rainbow Cake dan Choco Devils. Produk-produk itu mendapatkan pesanan dari berbagai wilayah di sekitar Jabodetabek, bahkan hingga dari luar kota, seperti Makassar, Malang, Batam, dan lainnya.

“Rata-rata per bulan pendapatan kami bisa mencapai Rp 10 jutaan, cukuplah untuk biaya hidup kami sehari-hari,” katanya merendah.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk pemesanan produk-produk tersebut, Adith menyarankan agar minimun ordernya adalah seberat 3 kg atau yang biaya ongkos kirimnya tidak lebih tinggi dari biaya produk tersebut. “Memang kami tidak membatasi jumlah minimun pesanan. Tapi saya sarankan, terutama untuk di luar Jabodetabek agar memesan minimal yang beratnya 3 kg, jangan sampai biaya pengiriman malah lebih besar daripada biaya pembelian produk tersebut,” ujarnya.

Aroma Tercium Hingga Kalangan Artis dan Presenter
Rasanya yang nikmat dan lezat, tak pelak mengundang selera banyak pihak, termasuk juga kalangan artis, pembawa berita/presenter acara televisi, dan sebagainya. Sebut saja, Irwan Ardian yang adalah presenter dan MC, atau Hilbram Dunar seorang pembawa acara televisi, sekaligus penyiar radio ini.

“Ini enak sekali, saya berani kasih nilai delapan dan sembilan,” demikian ungkapan yang terlontar dari Hilbram Dunar, setelah menyantap BitterBallen Makaroni dan BitterBallen Classic, seperti yang diceritakan kembali oleh Adith.

Atau, Irwan Ardian yang mengaku jatuh hati dan ketagihan setelah mencicipi Floss Roll Bun besutan OdisFood tersebut. “Irwan bahkan memesan Floss Roll Bun untuk dinikmati bersama sahabat dan keluarganya,” sebut Adit lagi.

Diceritakannya, produk caketersebut awalnya hanya bekal makan di kantor yang dibuatkan isteri tercinta (Shanty). Panganan tersebut juga dibagikan kepada teman-teman seprofesi yang kemudian terus berkembang dari mulut ke mulut. “Dasarnya memang enak mas, makanya lama-kelamaan mereka terus memesan dan bahkan keluarganya pun ikut memasan produk kami ini,” katanya bangga.
Pujian dan pengakuan atas kelezatan cake dan makanan ringan ala OdisFood tersebut membuat Shanty dan Adith bangga. Shanty yang mengaku belajar membuat cake dari internet ini pun tak pernah menyangka jika produknya sendiri kini mendatangkan keuntungan berlipat yang tak pernah dia bayangkan sebelumnya.

“Sebelumnya saya bekerja di sebuah lembaga non profit, tapi akhirnya saya memutuskan untuk fokus mengurusi keluarga, dan jadilah saya mengisi waktu luang saya dengan membuat cake dan akhirnya jadi bisnis kecil-kecilan ini,” sebut Shanty menambahkan. [Pius Klobor/IndoTrading News]


Jika berminat, bisa langsung menghubungi OdisFood di:
Phone (sms/call/whatapss): 08123354877


TAG

nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


1 thought on “Simak, Keluarga Sederhana ini Meraup Untung Berlipat dari Bisnis Rumahan