BREAKING NEWS
Search

Ingin Punya Sepatu dan Tas Unik Seperti Ini? Buruan ke U-See Shoes

Pemilik U-See Shoes and Bag, Yusi Kurniawati (Foto: Pius)
U-See Shoes and Bag menerima pesanan produk yang dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan pembeli.

Sepatu yang satu ini mungkin masih asing bagi Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa sepatu ini memiliki kualitas yang tak kalah dari sepatu pabrikan. Bahkan, banyak pembelinya adalah warga negara asing yang sangat tertarik dengan keunikan juga kualitas sepatu buatan tangan Yusi Kurniawati ini.

Apa keunikan produk handmade yang telah diproduksi sejak dua tahun lalu itu? Kepada IndoTrading News, wanita yang biasa disapa Yusi ini menuturkan keunikan sepatunya tersebut terletak pada bahan juga desain dan modelnya.

“Semua ini komentar dari para pembeli. Kata mereka produk sepatu saya ini unik dan empuk. Jadi nyaman di kaki,” kata Yusi menjelaskan.

“Tapi, kita tidak hanya menjual keunikannya saja, kualitas produk juga menjadi perhatian utama kita,” sambungnya.

U-See Shoes and Bag milik Yusi memproduksi beraneka model dan jenis, serta corak sepatu juga tas yang khusus diperuntukan bagi perempuan. Produk-produk tersebut menggunakan tiga bahan dengan kualitas terbaik, yang tentu menjamin kualitas serta daya tahan produk tersebut. Ketiga bahan itu, yakni kulit, batik, dan ular.

Bahan kulit terdiri dari dua, yakni kulit polos yang hanya warna-warni dan kulit corak. Kulit ini biasanya dari hewan ternak, seperti sapi, domba, dan kambing.

“Saya tidak main di buaya, menurut saya kulit buaya terlalu keras sehingga kurang nyaman di kaki. Tapi saya pernah menggunakan kulit kanguru. Waktu itu memang ada pesanan khusus,” tutur Yusi.

Sementara bahan dari ular, sambungnya, saat ini menggunakan dua jenis ular, yakni piton dan kobra. “Ular ini pun ada yang multi color dan satu warna,” sebut Yusi sembari memperlihatkan jenis bahan tersebut.

Sedangkan bahan batik, Yusi menggunakan batik khas dari daerah Bali (Prada Bali), yang menurut dia memiliki kualitas terbaik.

“Kalau untuk batik, aku langsung datang ke sana (Bali). Jadi jika aku nemuin batik yang kualitasnya bagus, maka aku langsung beli,” kata Yusi yang mengaku lebih menyukai batik modern ini.

Hingga kini, Yusi yang hobi menggambar ini telah memproduksi ribuan pasang sepatu. Kata dia, sepatu-sepatu dengan model yang simpel adalah jenis sepatu yang paling laris.

“Jadi kita namakan sepatu dan sandal ‘Bakpao’ karena bentuknya yang gendut. Ini sudah terjual banyak banget. Orang-orang lebih suka yang begini,” jelasnya.

Tak hanya sepatu yang diproduksi oleh Yusi. Wanita 38 tahun ini pun tengah kebanjiran pesanan tas, yang juga didesain dan diproduksinya sendiri.

“Untuk tas, saya baru mulai produksi 2012 lalu, itupun setelah saya mendapatkan banyak permintaan dari pembeli. Produk ini juga menggunakan bahan yang sama,” jelas Yusi.

Permintaan Meningkat, Harga “Pas”
Boots Unik Batik dan Batik Kalimantan Bag & Shoes
Corak dan desain unik, dengan menggunakan bahan-bahan pilihan, sudah tentu menjamin kualitas dan mutu produk tersebut. Maka tak heran, produk-produk ini pun dijual dengan harga yang cukup mahal.

Sebut Yusi, untuk sepatu dengan pasaran dalam negeri dijual dengan rentan harga mulai Rp 385.000, hingga jutaan rupiah per pasang.

“Sementara untuk pasar luar negeri, harga yang paling murah adalah sekitar Rp 1,5 juta per pasang,” terangnya.

Lain lagi dengan tas. Produk unik ini pun dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran, corak dan model, serta bahannya. “Tas, ada yang sampai Rp 3,5 juta untuk di luar negeri, sementara dalam negeri bisa sampai Rp 1,25 juta.”

“Produk-produk, baik sepatu maupun tas yang kami pasarkan di luar negeri memang tidak sama dengan yang di dalam negeri, terutama corak atau desainnya. Namun masih menggunakan bahan-bahan yang sama,” tegasnya dia.

Diakui Yusi, bisnis yang awalnya hanya iseng ini terus berkembang pesat seiring membanjirnya pesanan, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Awalnya memang saya hanya iseng dengan selembar kulit sapi. Eh, ternyata laku dibeli dan dibilang produk itu bagus. Makanya saya terusin,” jelasnya.

Merasa produknya itu semakin diminati, Yusi pun mendatangkan beberapa tukang sepatu dari Solo. Dan, produksi pertama pun terjual sebanyak 40 pasang sepatu.

Dijelaskannya, setiap tiga bulan ia mengeluarkan modal untuk keperluan belanja yang bisa mencapai sekitar Rp 40 juta.

“Untuk per lembar kulit domba seperti ini habisnya sekitar Rp 1,1 juta. Ini bisa untuk satu tas. Sementara untuk sepatu agak sulit diprediksi karena harus disesuaikan dengan coraknya,” jelas Yusi.

Kini, dalam sebulan, Yusi bersama 20an karyawannya (tujuh orang tukang sepatu) bisa memproduksi sebanyak 400 an pasang sepatu siap dijual. “Kalau untuk tas, sementara ini hanya costum, jadi hanya tergantung pesanan saja.”

Seiring peningkatan permintaan, baik sepatu maupun tas dari dalam dan luar negeri tersebut, omset U-See Shoes and Bag pun terus naik.

“Puji Tuhan, usaha kita ini terus berkembang dengan baik. Rata-rata omzet per bulan, sudah mencapai ratusan juta rupiah,” ucapnya.

Yusi bilang, berkembangnya usaha dia tersebut juga dikarenakan beberapa event pameran yang telah diikutinya, seperti pameran fashion maupun UKM. Lebih dari itu, juga melalui media online dan dari mulut ke mulut.

“Ya, memang naiknya cukup tajam. Kita terus berusaha untuk bisa memenuhi semua permintaan pembeli,” sebut dia.

Untuk pasar lokal, sambungnya, masih mendominasi dengan menyerap market sekitar 60 persen, sementara pasar luar negeri 40 persen.

“Untuk luar negeri ya, seperti ke Australia, Dubai, dan beberapa pasar di Asia, seperti ke Vietnam. Dan, kami harapkan pameran Hongkong World Designer Boutique yang merupakan event internasional pertama kami ikuti di luar negeri pada 14-17 Januari 2013 besok ini pun bisa menarik minat banyak calon pembeli, baik dari Hongkong maupun negera-negara lainnya,” harap Yusi.

Kata dia, selama ini, rata-rata para pemesan dari luar negeri lebih menyukai produk dengan bahan dari ular.

“Puji Tuhan, tadi saya baru terima email dari Amerika yang tertarik dan memesan produk kita yang berbahan Batik Prada Bali,” tambahnya.

Layani Pemesanan
Semi Boots Snake Skin Python Gradasi dan Unique Stripes Shoes
Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengenakan atau mengoleksi produk-produk unik dan cantik ini, Anda pun bisa memesan sesuai selera corak dan desain serta model dan bahan yang Anda sukai.

“Yusi aku pengen yang corak butterfly, ukurannya segini, bahannya kulit, modelnya seperti ini,” ungkap Yusi mencontohkan permintaan dari pelanggannya.

Jika ada permintaan demikian, “maka aku cariin yang butterfly. Atau aku gambarain, mau butterfly yang seperti apa, baru aku ajuin ke pengerajin untuk dibuatkan seperti gambarku itu. Jika bisa ya kita buatkan, tapi jika belum bisa maka aku ajukan butterfly yang lain,” jelasnya.

“Pelanggan kita, apalagi yang sudah maniak sepatu, satu orang saja bisa mesan sampe 11 pasang hanya untuk pake sendiri, dan itu beda-beda warna dengan model yang sama. Seperti ibu ini,” tutur Yusi sembari memperlihatkan foto pelanggan dan produk sepatunya tersebut.

Ayo, Anda juga berminat? Jika iya, bisa segera memesan produk-produk ini. Lantaran keterbatasan bahan dan corak, jangan sampai Anda ketinggalan model dan corak serta bahan yang Anda inginkan.

“Untuk sepatu berbahan kulit, minimum order 1 seri, yakni dengan ukuran (size) 36-40. Di atas size 40, harga berbeda. Sebab, dalam bisnis sepatu, size di atas 40 untuk kulit bisa menjadi dua sepatu. Jadi size yang ready dengan harga yang sudah ditentukan adalah size 1 seri, yakni 36-40,” jelasnya.

Sambung dia,” Tapi kalau untuk imitasi, minimal order harus 1 kodi atau sekitar 20an pasang,” sambungnya.

Produk-produk ini pun kini telah tersedia di beberapa gerai pusat perbelanjaan, sebut saja di gerai Batik Keris di Mall Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat. [Pio/IndoTrading News]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Ingin Punya Sepatu dan Tas Unik Seperti Ini? Buruan ke U-See Shoes