BREAKING NEWS
Search

Primantara Sentosa: Safety Jogger, Benar-Benar Safety

Sepatu safety
Mau aman dan selamat saat bekerja? Gunakan ini, Safety Jogger.

Sepatu adalah alas kami yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, seperti bekerja, olahraga atau jalan-jalan. Mengenakan sepatu bukan hanya sebagai sebuah gaya (style), lebih dari itu, harus juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada penggunanya, terutama yang yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar, seperti pertambangan, perminyakan atau pabrik kimia, dan lainnya. Untuk itu, perlu menggunakan sepatu yang didesain khusus dengan bahan berkualitas baik agar pekerjaan lancar, Anda pun nyaman dan selamat.

“Safety shoes”, memang sudah tak asing lagi di pendengaran kita. Berbagai merek safety shoes telah beredar luas di pasar Indonesia, baik buatan dalam negeri, maupun impor. Namun, apakah semua itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta menyelamatkan kaki Anda dari carian bahan kimia? Atau dari tumpukan dan hantaman material yang mencapai 1,5 ton?

Nah, yang satu ini juga mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Sepatu merek “Safety Jogger”, merek sepatu keselamatan asal Belgia yang dirancang khusus untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya.

Diproduksi di pabrikan China, Safety Jogger telah ada di Indonesia sejak 2009 lalu. Dan, sebagai salah satu distributornya, PT Primantara Sentosa mengaku produk ini kian diminati oleh masyarakat Indonesia, lantaran rasa aman dan nyaman ketika menggunakan sepatu ini.
Kepada IndoTrading News, Marketing Leader of Safety Shoes, PT Primantara Sentosa, Aan, menuturkan, awalnya memang produk ini belum begitu diminati lantaran belum banyak orang tahu soal keberadaan sepatu ini. Lebih dari itu, sepatu jenis ini pun masih dianggap sebagai produk yang mahal.

“Memang ada beberapa merek produk safety shoes yang lebih dulu dipasarkan dengan harga yang sangat mahal, bahkan di atas Rp 1 juta, sehingga Safety Jogger pun dianggap demikian. Padahal, harga produk kami ini berkisar dibawah Rp 700.000. Ini pun untuk jenis tertentu,” kata Aan.

Primantara Sentosa sebenarnya sudah sejak 2009 lalu menjadi distributor resmi Safety Jogger di Indonesia. Namun demikian, baru fokus memasarkan produk tersebut pada September tahun ini. Sebelumnya, fokus pasar perusahaan tersebut adalah pada penyediaan dan supplier alat-alat laboratorium, glassware, kesehatan dan keselamatan kerja, dengan salah satu prioritasnya adalah berpartisipasi pada tender yang diadakan oleh pemerintah.

“Produk-produk di atas memang masih kami sediakan. Tapi sekarang sudah ada bagian khusus yang langsung saya tangani untuk fokus pada penjualan Safety Jogger ini,” ungkapnya.

Varian Produk Safety Jogger
Terdapat sekitar 35 jenis produk sepatu Safety Jogger yang dipasarkan oleh perusahaan yang akan merayakan hari jadinya ke-10 pada 21 Desember ini. Produk tersebut terdiri dari berbagai tipe, model dan variasi, serta bahan, spesifikasi, dan kegunaannya. Demikian halnya harga, bervariasi antara Rp 300-an ribu hingga Rp 600-an ribu.

Ada tipe kevlar/composite yang menampilkan berbagai varian sepatu yang lebih modern dan trendy, tanpa bahan steel (free metal) dan dapat digunakan dalam berbagai keperluan atau aktifitas. Olehkarenanya sepatu jenis ini pun dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis lainnya. Tipe ini terdiri dari goes, cosmos, premium, eos, aura, galaxy, nova, dan lainnya.

Sepatu jenis goes, misalnya, sepatu yang disebut terlaris di pasar global ini menggunakan kombinasi bahan dan material yang sangat berkualitas, seperti sole dari PU/TPU, toecap dari composite, midsole dari kevlar, lining dari cambrella dan insole dari premoulded.

Sementara tipe sport, yakni safety shoes untuk berolahraga. Tipe ini juga terdiri dari beberapa jenis, seperti xplore, mountain, cimber, saturnus, valley, jumper, dan kronus. Tipe classic yakni model sepatu standar yang cocok untuk bekerja di kantor dan lainnya, seperti jenis bestboy, bestsun, dan bestrun. Tipe classic ini rata-rata menggunakan bahan steel pada toecap (bagian depan), dan dijual harga yang lebih terjangkau.

Tipe lainnya adalah lady line, yakni safety shoes khusus untuk wanita. Varian lady line terdiri dari ceres, bestgirl, bestlady, dan isis. Sedangkan tipe food, adalah varian safety shoes yang cocok untuk digunakan di industri-industri, seperti makanan & minuman, laboratorium, dan lainnya. Produk jenis ini adalah sepatu anti slip.
Selain kelima tipe di atas, ada juga tipe racing line, yakni sepatu khusus untuk berkendara atau balap. Tipe ini terdiri dari senna, dan lauda.

Tak hanya itu, Primantara Sentosa juga mendistribusikan produk lain dengan brand yang sama, yakni boots, yang terdiri dari beberapa jenis, seperti poseidon, hercules, dan artemis; dan gloves, yakni sarung tangan untuk bekerja. Gloves pun tersedia dalam beberapa jenis, yakni shiled, all flex, prosoft, constructo, concrete, superpro, dan multitask. Masing-masing gloves tersebut digunakan di berbagai bidang pekerjaan yang berbeda. Misalkan, shiled yang adalah anti cut (anti potong) yang biasanya digunakan di pabrik-pabrik manufaktur yang biasanya berhubungan dengan mesin pemotong.

“Semua produk Safety Jogger ini sangat nyaman digunakan. Bahkan khusus sepatu, untuk toecap-nya baik yang menggunakan bahan logam steel maupun composite, bisa menahan tumpukan atau pukulan beban hingga 1,5 ton. Sementara midsole-nya juga menggunakan bahan yang tahan air, panas, seperti bahan kevlar yang anti peluru sehingga besi atau paku pun tidak bisa tembus. Namun demikian, tetap lentur seperti sepatu yang menggunakan karet biasa,” jelas Aan.

Keuntungan lain untuk sepatu Safety Jogger, sambungnya, apabila tidak digunakan bahkan hingga setahun lebih tetap tersimpan dalam kemasannya, akan tetap seperti semula, tidak rusak, retak atau pecah-pecah pada kulit/bagian luarnya. “Beda kan dengan sepatu yang lain?,” tegasnya.

Gencar Promosi ke Perusahaan
Setelah mulai fokus memasarkan produk-produk Safety Jogger pada September 2012, Primantara Sentosa kian gencar mempromosikan dan memasarkan berbagai varian produk tersebut ke berbagai wilayah Indonesia. Bahkan beberapa perusahaan besar, baik perusahaan pelat merah maupun swasta sudah menggunakan produk dari Safety Jogger ini.

Aan bilang, pasar sudah cukup fasih akan produk merek Safety Jogger tersebut, meskipun itu bukan dari perusahaannya. Namun demikian, perusahaannya tetap getol memperkenalkan brand Safety Jogger kepada berbagai pihak.

“Kami terus gencar melakukan promosi dan presentase terutama ke berbagai perusahaan. Ada perusahaan yang sudah menggunakan safety shoes, tapi merek lain. Kami harapkan tahun depan mereka sudah mau bekerja sama dengan kami,” harapnya.

Selain itu, promosi pun gencar dilakukan melalui media online dan pameran, juga kerja sama dengan reseller di berbagai daerah. “Kami juga sering terlibat sebagai sponsor di berbagai acara, seperti yang sering diadakan oleh Departemen Tenaga Kerja. Ini adalah salah satu cara kami dalam memperkenalkan Safety Jogger ini,” ungkapnya.

Meski fokus pemasaran dilakukan ke perusahaan-perusahaan besar, namun Primatama juga menerima pemesanan dalam jumlah kecil (satuan) dan bisa langsung dihantar ke alamat pemesan, khusus untuk wilayah Jakarta.

Terkait persaingan pasar safety shoes, dan terutama di antara distributor Safety Jogger di Indonesia, Primantara Sentosa, kata Aan, tetap punya keunggulan.

“Mungkin di Indonesia ada banyak distributor yang memasarkan produk dengan brand yang sama. Tapi Primantara ini tetap punya keunggulan, yakni stok kita tetap ada. Jadi pemesan tidak usah ragu dengan stok kita,” jelasnya. [Pio/IndoTrading News]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Primantara Sentosa: Safety Jogger, Benar-Benar Safety