BREAKING NEWS
Search

Mau Restoran Anda Untung Berlipat? Gunakan Produk Ini

Marketing Manager Solis Logic, Kusuma Wijaya (Foto: Pio)
Dengan Solis Resto, Anda dapat menganalisa dan mengetahui perkembangan restoran atau f & b Anda, dengan demikian Anda dapat menentukan strategi untuk dapat memuaskan tamu sekaligus melipatgandakan pendapatan Anda.

Pengelola/pemilik restoran, cafe atau food and beverage (f & b), tentu menginginkan adanya peningkatan efisiensi operasional, baik dari sisi waktu maupun pelayanan, termasuk juga pendapatan dalam usahanya tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai efisiensi tersebut, tapi, rasanya masih kurang jika restoran Anda belum ‘terjamah’ “Solis Resto”. Kenapa?

Solis Resto merupakan software (perangkat lunak) yang menerapkan sistem komputerisasi yang telah ditanam dengan berbagai program dan aplikasi canggih, yang juga dapat diintegrasikan dengan internet. Ini memungkinkan para pengelola restoran lebih mudah mengontrol usahanya tersebut. Dengan demikian, para pemilik restoran, terutama yang punya beberapa cabang atau franchise, lebih mudah mengontrol semua itu dari jauh, tanpa repot-repot mendatangi tempat usahanya tersebut.

Kepada IndoTrading News yang menyambangi kantornya di bilangan Jakarta Barat, Marketing Manager Solis Logic, Kusuma Wijaya, menuturkan, Solis Resto adalah produk canggih yang dapat membantu pengelola f & b secara mudah untuk dapat meningkatkan efisiensi operasional f & b-nya tersebut.
Order Menu
“Jadi lebih ke pengontrolan pada sistem manajemen, mulai dari operasional di depan (POS/point of sales), hingga ke manajemen back office-nya. Jadi ini bisa dimulai dari kasir, juga ada yang namanya terminal order of service untuk mempermudah waitress bisa order masing-masing, baik melalui terminal maupun alat mobile, seperti PDA, iphone, android atau tablet,” ujarnya.

“Jadi dengan ini, kita tidak perlu lagi menulis daftar pesanan di kertas kemudian menghantarnya ke dapur. Intinya, efisiensi dapat dimulai dari tahap order makanan, order ke dapur, billing ke pelanggan, sampai menghitung bahan baku makanan yang terpakai, bahan mentah, dan mencatat pembelian bahan,” tambahnya.

Tak hanya itu, dengan teknologi canggih tersebut, para pemilik usaha restoran dan f & b pun dapat memasukkan biaya-biaya lain, seperti gaji karyawan, waitress, listrik, air, dan lainnya. “Jadi semua itu juga bisa dicatat ke dalam sistem. Dan pada akhirnya, sistem bisa mengeluarkan net market-nya berapa. Terutama mencakup sales atau dari back office mengeluarkan cost (bahan-bahan yang terpakai),” jelas Kusuma yang juga salah satu pendiri perusahaan ini.

Kata dia, meski harus bersaing dengan perusahaan asing yang juga gencar memasarkan produk sejenis, namun Solis Resto tetap mendapat sambutan positif dari para pengelola usaha f & b di Indonesia. Hingga kini, produk tersebut telah digunakan di hampir semua wilayah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua, yang hampir mencapai 1300 restoran, cafe, franchise dan f & b lainnya.

Sementara soal harga, kata dia, tersedia dalam beberapa paket, antaralain mulai dari Rp 5 jutaan hingga Rp 20 jutaan. “Rata-rata memesan paket Rp 20 jutaan, soalnya lebih lengkap. Dan kami sediakan tenaga teknisi yang mengerjakan dan bisa langsung digunakan dalam 2-3 hari,” katanya.

Sebagai perusahaan lokal, Kusuma pun menjamin adanya komunikasi dan konsultasi langsung dengan pihak perusahaanya. “Jadi jika pengelola mau upgrade atau ada hal-hal lain, kami bisa langsung ke lapangan dan membantu mereka,” tambahnya. Ini beda dengan perusahaan asing yang mungkin Anda kesulitan atau lama menunggunya.

Paten untuk Analisa
Allshot
Sebagaimana fungsi dan kegunaannya, selain untuk mempercepat operasional, Solis Resto juga dapat digunakan oleh pengelola sebagai manajemen untuk dapat menganalisa perkembangan usaha tersebut.

Kusuma bilang, Solis Resto sangat paten untuk berbagai kebutuhan analisa. Dengan demikian dapat pula diketahui berbagai hal: jumlah tamu yang datang (member dan non member), apa menu favorit tamu yang datang, tamu (member) suka berkunjung pada hari dan jam berapa, tempat duduk atau meja kesukaannya di nomor berapa, tamu yang datang apakah dari kalangan pelajar, profesional atau keluarga, dan sebagainya.

“Kita juga bisa mengetahui kapan ulang tahun tamu setia (member) kita, sehingga kita dapat memberikan kado atau diskon spesial kepadanya,” ungkap Kusuma.

Dari segi penjualan, sambung Kusuma, dapat juga diketahui, menu mana yang paling laku dan menu mana yang masih menerapkan promo. Dengan demikian, jika dikaitkan dengan back office, maka dapat dianalisa lebih lanjut: menu mana yang laku dan profit margin-nya tinggi.

“Artinya, cost-nya rendah, tapi dia bisa jual menunya dengan harga tinggi. Ada juga menu yang laku tapi profit margin-nya rendah. Begitu juga sebaliknya, ada menu yang tidak laku, tapi profit margin-nya tinggi,” tegasnya. [Pio]


***
Keuntungan Menggunakan Solis Resto:
Sejak mulai dikembangkan pada 2005 dan dipasarkan pada 2007, Solis Resto terus mengalami perkembangan dan inovasi. Produk lokal tersebut, kini menjadi software lokal nomor satu di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa keunggulan Solis Resto yang telah kami rangkum untuk Anda:
  1. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan restoran: lantai (jumlah lantai, denah restoran per lantai, ruangan/sekat); meja (jumlah meja, bentuk meja, dan posisi meja-disusun per lantai); jenis pesanan (fine dining, fast food, delivery, take-away); status meja (mulai dari check-in sampai check-out).
  2. Internet service: bisa melihat laporan via web, mulaqi dari data penjualan, menu baru, dan sebagainya. Ini sangat berguna, terutam untuk restoran yang memiliki banyak cabang, atau franchise.
  3. Dilengkapi dengan vitur delivery service untuk para pelanggan yang sudah tercatat di sistem.
  4. Semua menu dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam Solis Resto, dapat pula dilengkapi dengan gambar atau warna.
  5. Solis Resto dapat mendukung berbagai jenis promo yang ditentukan oleh restoran: bisa ditentukan berdasarkan kategori makanan, nama menu, tanggal, hari, dan jam berlaku.
  6. Menyediakan berbagai jenis laporan penjualan Anda.
  7. Menyediakan aplikasi terpisah untuk POS (Point of Sales) dan BO (Back Office); memiliki tingkat keamanan untuk setiap operator karena dapat memiliki hak akses yang berbeda-beda.
  8. Offline Backoffice digunakan untuk membantu pengelola restoran untuk memonitor operasional restoran tanpa harus ke lokasi. Informasi penjualan POS, persediaan dan pembelian bahan, serta produksi tersedia secara offline.
  9. Menyediakan fitur tambahan untuk mencatat pemakaian bahan masakan untuk setiap menu yang terjual. Fasilitas ini memudahkan restoran untuk mengawasi jumlah bahan makanan yang tersedia.
  10. Menyediakan fitur tambahan untuk mencatat transaksi pembelian bahan masakan. Dengan fasilitas ini, pihak restoran dapat mengetahui biaya bahan mentah dari setiap menu yang terjual.
  11. Menyediakan modul lengkap, arsitektur canggih, didukung oleh tenaga ahli berpengalaman, produl ini dapat dengan mudah diimplementasikan di berbagai jenis restoran. Sistem sudah siap dijalankan dalam hitungan hari.
  12. Mudah dijalankan dengan waktu belajar yang singkat. Didukung penggunaan layar sentuh untuk seluruh operasi restoran. Namun tersedia juga pilihan untuk menggunakan mouse dan keyboard.
  13. Dilengkapi juga dengan aplikasi dalam Bahasa Indonesia. Dan olehkarena perusahaan lokal, maka dalam berkomunikas terutama terkait upgrade aplikasi atau kendala lainnya dengan manajemen Solis Resto, lebih mudah dilakukan.
  14. Solis Resto mendukung penggunaan PDA untuk melakukan transaksi pemesanan makanan [Pio/IndoTrading News]



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “Mau Restoran Anda Untung Berlipat? Gunakan Produk Ini