BREAKING NEWS
Search

High Gloss Decorative, Usung Konsep Green Product

Stand Creatura Creations di JCC, ramai didatangi para pengunjung (Foto: Pio)
Material finishing dengan decorative produk, seperti Stylelite, Zenolite, dan Lustrolite, akan menjadikan properti dan material pendukungnya di sekitar Anda menjadi lebih elegan, mewah, dan indah.

Kantor, hotel, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, atau bahkan rumah, akan terlihat indah, elegan dan mewah, jika ‘terjamah’ oleh produk-produk bernilai dekoratif. Demikian halnya berbagai perlengkapan dan fasilitas di dalamnya, seperti office furniture & partitions, kitchen cabinets & doors, showers, dan bedrooms akan semakin indah dengan material finishing.

Adalah Creatura Creations, perusahaan besutan PT Creatura Kreasi Indonesia ini yang menyalurkan dan memasarkan tiga produk (decorative product) asal Australia, HGA (high gloss acrylic), yang berfungsi sebagai material finishing alternatif pengganti HPL maupun finishing lacquer.

“Kami memasarkan tiga produk utama, yakni Stylelite, Zenolite, dan Lustrolite,” ujar Director PT Creatura Kreasi Indonesia, Suwito Kartono Citra, kepada IndoTrading.com, di sela pameran Design.ID 2012, di Jakarta Convention Center, Jumat (7/9/2012).
Suwito Kartono Citra (Foto: Pio)


Adapun fungsi dan kegunaan ketiga produk itu, sebut Suwito, hampir sama, namun dikarenakan perbedaan pada ketebalannya, maka diaplikasikan pada bidang atau material yang berbeda.

“Seperti Stylelite (superior high gloss finish), yang cocok untuk diaplikasikan pada banyak laminasi yang berbeda, seperti, kitchen cabinets & doors, office furniture & partitions, wall cladding retail outlets, dan wardrobe doors,” jelasnya.

Produk ini memiliki beberapa keunggulan, yakni, permukaannya yang sangat mengkilat sehingga mudah untuk diperbaiki/dibersihkan, tahan terhadap bahan kimia, tahan goresan, tinggi UV & tahan panas, serta ekonomis dan mudah digunakan.

“Stylelite terdiri dari beberapa tipe dan warna, seperti arctic, alabaster, vanilla, mocha, sand, chocolate, cherry, slate, carbon, silver, dan champagne, dengan tebal 1 mm dan ukuran per lembarnya adalah 2460 mm x 1230 mm,” urai Suwito.

Selanjutnya adalah Zenolite (the ultimate high gloss surface product). Produk yang memiliki ketebalan 2 mm dan 4 mm dengan ukuran per lembarnya 2465 mm x 1240 mm ini disebut sebagai produk yang ideal diaplikasikan untuk area komesrial, seperti hotel, restoran, kantor, dinding, retail & commercial fit-outs, dan joinery & cabinets.

“Produk ini memiliki beberapa keunggulan, seperti ringan & mudah ditangani, dapat dipotong, dibor, dan dibentuk sesuai keinginan. Produk ini juga tidak akan retak, serta lebih ringan dan murah dari panel setara kaca,” terang Suwito.
Lustrolite (Foto: lustrolite.com)

Sementara produk ketiga, Lustrolite (high gloss decorative panels for home interior walls), dikatakan Suwito sangat cocok digunakan untuk berbagai material yang ada di rumah, seperti showers, dinding kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan fitur dinding.

Menurut dia, produk yang memiliki ketebalan 2 mm dan 4 mm dengan ukuran 2440 mm x 1000 mm ini juga memiliki keunggulan tersendiri, yakni tahan terhadap bahan kimia & noda, tahan gesekan & aus, tahan terhadap suhu panas, serta permukaan tidak akan terkena jamur & bakteri.

Produk ini memiliki pilihan tipe dan warna yang lebih sedikit, yakni arctic, glacier, mocha, dan blue atoll.

Meski Mahal, Hasil Memuaskan
Zenolite (Foto: zenolite.com)

Suwito bilang, kebutuhan akan produk industri high gloss di Indonesia terus berkembang, dengan demikian permintaan akan produk ini pun terus meningkat. Sebagai satu-satunya pemasok Zenolite dan Lustrolite di Indonesia, Suwito kian optimis perusahaan ini akan berkembang maju.

Suwito tak menampik jika harga produk-produk yang dipasarkan perusahaannya tersebut sedikit lebih mahal. Namun demikian, kata dia, hasilnya pasti lebih memuaskan, berkualitas dan tahan lama.

Ketiga produk yang diperkenalkan di Indonesia sejak enam bulan lalu ini memiliki harga yang berbeda, tergantung ketebalan dan warna.

“Untuk Stylelite, misalnya, harga retail warna putih (arctic, alabaster, vanilla), dijual seharga Rp500-an ribu per lembar. Sementara untuk other solid color dan metallic color (silver, champagne), dengan ukuran yang sama, dijual dengan harga yang lebih mahal,” tuturnya.

Demikian halnya dengan Zenolite dan Lustrolite, di mana untuk ketebalan 2 mm dijual seharga Rp300-an ribu hingga Rp500-an ribu per lembar. Sedangkan untuk ketebalan 4 mm, seharga Rp700an ribu hingga Rp900-an ribu per lembar.

“Untuk Zenolite dan Lustrolite, memang lebih digunakan di commercial area atau residential yang sedikit high. Tapi untuk Stylelite, sudah bisa digunakan untuk kalangan di kelas menengah, walaupun memang kita belum melihat itu,” jelasnya.

Green Product
Stylelite (Foto: stylelite-aca.com)

Konsep go green atau green product juga diusung pada ketiga produk ini. Suwito menjelaskan, ketiga produk tersebut tidak menggunakan bahan yang berbahaya. Selain itu, jika produk-produk ini sudah tidak bisa digunakan lagi, maka dapat didaur ulang hingga 100 persen.

“Energi untuk mendaur ulang produk ini sendiri hanya 10 persen dari energi yang dibutuhkan untuk membuatnya,” terang Suwito.

Selain itu, tambah dia, Zenolite dan Lustrolite juga dibuat sebagai alternatif pengganti kaca sehingga akan membawa efek suhu udara di sekitarnya yang lebih sejuk dan nyaman. (Pio/IndoTrading News)



nanomag

Mereka akan selalu mengenangmu melalui karya yang menginspirasi dan tak berkesudahan


0 thoughts on “High Gloss Decorative, Usung Konsep Green Product